Smart Integrated Leadership Course berupa Massive Online Open Courses (MOOC) resmi dilaunching Bupati Karanganyar

Karanganyar – Massive Online Open Courses (MOOC) resmi dilaunchingBupati Karanganyar didampingi Sekda Karanganyar, Sekretaris BPSDM Prov. Jateng dan Plt. Kepala BKPSDM Karanganyar bertempat di Hall Hotel Tamansari, Senin 26 Juni 2023. Pelatihan Non Klasikal / Massive Online Open Courses (MOOC) merupakan Smart Integrated Leadership Course yang dibuat untuk menunjang metode pelatihan dan mewujudkan pemenuhan kompetensi serta meningkatkan kualitas aparatur sipil negera (ASN).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan problem yang dihadapi ASN kita saat ini. Dituntut pekerjaan yang sedemikian rupa serta profesionalitasnyapun, penghasilannya tidak mencukupi. Pemerintah telah menempuh banyak cara, namun reward yang didapat masih tidak memadai. Oleh karenanya dengan peningkatan kapasitas dari berbagai sumber yang bersifat online ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM ASN sehingga menjadi lebih profesional. Di akhir program perlu adanya evaluasi dan penilaian yang diberikan agar memacu ASN untuk lebih berprestasi dan mendapatkan reward sesuai dengan capaian kompentensi yang bersangkutan sehingga mempermudah ASN tersebut untuk naik pangkat dan mendapatkan kenaikan penghasilan yang sesuai.

“Semoga MOOC bisa dilaksanakan dengan baik, mudah-mudahan lancar, hambatan-hambatan yang ada dalam perjalanan nanti ada solusi dari problemnya sehingga kesulitan pembiayaan dapat teratasi”, imbuhnya.


Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi menyampaikan bahwasannya tantangan kita kedepan makin beragam oleh karenanya kita yang mendapat privilege secara khusus harus bisa lebih maksimal untuk membantu negara mencapai kesejahteraan. Demi memaksimalkan birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat yang profesional, ASN kabupaten karanganyar khususnya dituntut untuk lebih mengembangkan kompetensinya dengan mengikuti diklat dan kursus baik secara offline dan online.

Terbatasnya dana untuk mengikuti diklat secara offline membuat BKPSDM Karanganyar bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Jawa Tengah sebagai fasilitator, mewujudkan MOOC Administrasi Dasar bagi Kabupaten Karanganyar. Platform ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepada aparatur tentang administrasi dasar dalam pemerintahan di Kabupaten Karanganyar. Subtansi pelatihan narasumber maupun konten yang disediakan di MOOC Administrasi Karanganyar merupakan produk asli dari pemerintah kabupaten hasil kolaborasi antara BKPSDM, BKD, Inspektorat Daerah, Bagian Organisasi Setda dan Bagian Hukum Setda. MOOC Administrasi Karanganyar sudah disimulasi oleh BKPSDM Kabupaten Karanganyar dan selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh seluruh pegawai di lingkup Pemkab Karanganyar.

Secara umum, sistem kerja MOOC dirancang untuk memberikan akses pendidikan yang terbuka dan fleksibel bagi siapa saja di seluruh dunia melalui platform daring yang dapat diakses secara gratis atau dengan biaya yang terjangkau. Platform tersebut dibuat untuk menunjang metode pelatihan dan mewujudkan pemenuhan kompetensi ASN 20 JP (jam pelajaran) pertahun.

Kehadiran kursus daring ini bertujuan untuk mendukung ASN sebagai abdi negara dalam memperkuat kompetensinya, terutama dalam menghadapi tantangan digitalisasi yang semakin meluas.

Demikian Diskominfo.