Penyerahan KKNDIK Mahasiswa UMS 2024

KARANGANYAR – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan pelepasan dan penyerahan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKNDIK) di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (29/01/2024).

Kegiatan dihadiri asisten perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar drs. Titis Sri Jawoto.

Dalam kegiatan pelepasan KKNDIK Kaprodi Biologi Ibu Putri Agustina, S.Pd, MPd selaku perwakilan Dekan UMS membacakan sambutan, beliau menyampaikan KKNDIK merupakan salah satu mata kuliah keterampilan berkehidupan yang wajib ditempuh.

“Kuliah Kerja Nyata Pendidikan di FKIP UMS ini adalah salah satu mata life skill atau keterampilan berkehidupan yang wajib ditempuh mahasiswa yang diantara semester lima dan semester enam,” paparnya.

Dikatakan para mahasiswa UMS yang mengikuti program mata kuliah life skill atau keterampilan Berkehidupan di Karanganyar adalah Mahasiswa UMS yang tergabung atau yang memilih KKN reguler dengan durasi lima minggu dan dengan jumlah SKS sebanyak empat Satuan Kredit Semester (SKS).

Pihaknya juga menjelaskan pada hari ini UMS melepas sebanyak 1.576 mahasiswa yang mengikuti KKNDIK Reguler dan KKNDIK terikat skripsi di Solo Raya, seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

“Hari ini adalah waktunya kita untuk belajar bagaimana kita hidup di masyarakat. Hidup di masyarakat itu tidak hanya untuk nilainya bagus, IPKnya tinggi tetapi bagaimana kita bisa bekerja sama dengan orang lain dan bagaimana kita bisa sering bertegur sapa dengan orang lain baik yang lebih sepuh, muda dan sepantaran,”pesannya.

Penyerahan Mahasiswa KKNDIK ditandai dengan penyematan jaket alamater secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa UMS.

Selanjutnya Asisten Perekonomian Setda Karanganyar drs. Titis Sri Jawoto dalam sambutannya memberikan doa yang terbaik untuk mahasiswa KKNDIK UMS yang akan menjalani program KKNDIK di Kabupaten Karanganyar.

Ia berharap kepada mahasiswa UMS agar bekerja sama, mengabdi ke masyarakat untuk belajar hidup bermasyarakat.
Diskominfo