Penetapan Persetujuan Bersama Bupati dan DPRD Karanganyar Terhadap Perubahan APBD 2022

Diskominfo
Bupati Karanganyar menghadiri rapat paripurna terhadap Raperda perubahan APBD TA 2022 di gedung DPRD Karanganyar

KARANGANYAR– Rapat Paripurna Kelima DPRD Kabupaten Karanganyar Masa Sidang 1 Acara Penetapan Persetujuan Bersama Bupati dan DPRD Kabupaten Karanganyar Terhadap Rancangan Perda Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 dilaksanakan Selasa (13/9/2022) di Gedung DPRD Karanganyar.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2022 telah sesuai dengan mekanisme yang ada dan telah berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dewan yang terhormat atas pembahasan RAPBD melalui rapat-rapat DPRD maupun rapat-rapat Paripurna DPRD sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah menyetujui untuk dilaksanakan penandatangan naskah persetujuan bersama pada hari ini, dan selanjutnya naskah tersebut beserta lampirannya akan kami kirimkan kepada Gubernur Jawa Tengah untuk mendapatkan evaluasi,” jelas Bupati.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut disampaikan gambaran tentang Hasil Pembahasan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2022 adalah sebagai berikut :

1. PENDAPATAN DAERAH
Pendapatan Daerah dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 sejumlah Rp 2.198.761.513.542,00 (dua triliun seratus sembilan puluh delapan miliar tujuh ratus enam puluh satu juta lima ratus tiga belas ribu lima ratus empat puluh dua rupiah) setelah pembahasan tetap atau tidak ada perubahan.

2. BELANJA DAERAH
Belanja Daerah dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 semula sejumlah Rp 2.334.686.563.357,00 (dua triliun tiga ratus tiga puluh empat miliar enam ratus delapan puluh enam juta lima ratus enam puluh tiga ribu tiga ratus lima puluh tujuh rupiah) setelah pembahasan tetap atau tidak ada perubahan namun terdapat pergeseran rincian belanja menyesuaikan dengan
peruntukannya.

3. PEMBIAYAAN DAERAH
Adapun perbandingan Perubahan Anggaran Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2022 setelah pembahasan sejumlah Rp 2.198.761.513.542,00 (dua triliun seratus sembilan puluh delapan miliar tujuh ratus enam puluh satu juta lima ratus tiga belas ribu lima ratus empat puluh dua rupiah) dengan Anggaran Belanja Daerah setelah pembahasan sejumlah Rp 2.334.686.563.357,00 (dua triliun tiga ratus tiga puluh empat miliar enam ratus delapan puluh enam juta lima ratus enam puluh tiga ribu tiga ratus lima puluh tujuh rupiah) maka terjadi defisit anggaran sejumlah Rp 135.925.049.815,00 (seratus tiga puluh lima miliar sembilan ratus dua puluh lima juta empat puluh sembilan ribu delapan ratus lima belas rupiah) yang akan ditutup dengan estimasi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Anggaran Sebelumnya (SILPA), adapun rinciannya sebagai berikut : |

a. Penerimaan Pembiayaan Daerah dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 sejumlah Rp 175.425.049.815,00 (seratus tujuh puluh lima miliar empat ratus dua puluh lima juta empat puluh sembilan ribu delapan ratus lima belas rupiah) yang berasal dari estimasi sisa lebih perhitungan tahun lalu (SILPA).

b. Pengeluaran Pembiayaan Daerah dalam Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 yang dianggarkan sejumlah Rp 39.500.000.000,00 (tiga puluh sembilan miliar lima ratus juta rupiah) yang dialokasikan untuk Penyertaan Modal Daerah dan Pembayaran Cicilan Pokok Utang yang Jatuh Tempo.

“Demikian Pendapat Akhir kami, sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita sekalian dalam membangun Karanganyar yang maju dan mandiri, aamiin,” Harap Bupati Karanganyar mengakhiri tanggapannya.
Diskominfo (ind/voni)