Bupati Karanganyar Pantau Pemilihan Kepala Desa di 11 Titik

Bupati Karanganyar saat melakukan pencoblosan di TPS Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu. Rabu (09/11)

Karanganyar – Dengan didampingi jajaran Forkopimda serta Kepala OPD terkait, Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, M.M melaksanakan pemantauan ke 11 desa yang sedang melaksanakan pemilihan kepala desa, Rabu (09/11). Pemantauan dimulai dari pelaksanaan di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu. Selanjutnya rombongan bergeser ke Desa Klodran, Kecamatan Colomadu karena disana juga dilaksanakan zoom meeting bersama Kementerian Dalam Negeri.

Selepas dari Kecamatan Colomadu, Bupati Karanganyar beserta rombongan bertolak ke Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu. Selain memantau berjalannya pilkades, Bupati Juliyatmono juga menggunakan hak pilihnya sebagai warga Desa Ngijo untuk memilih kepala desa. Kegiatan berjalan cukup kondusif. Tak hanya Bupati Karanganyar, terlihat juga kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sundoro Budi Karyanto, juga menggunakan hak pilihnya.

Rombongan melanjutkan pemantauan ke Desa Kaliboto dan Desa Buntar, Kecamatan Mojogedang. Pelaksanaan pemilihan kepala desa di kedua lokasi tersebut dijaga cukup ketat oleh aparat. Hal ini dikarenakan antusiasme warga yang tinggi serta sengitnya persaingan antar kepala desa. Untuk Desa Buntar sendiri, terdapat 4 calon kepala desa yang akan dipilih. Iring-iringan pantauan melanjutkan perjalanan ke Desa Dukuh, Kecamatan Ngargoyoso, dilanjutkan ke Desa Harjosari dan Desa Tohkuning, Kecamatan Karangpandan.

Pilkades terpantau cukup aman di Desa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih. Selanjutnya rombongan menuju ke Kecamatan Jatiyoso, dimana terdapat dua titik pelaksanaan pilkades, yakni Desa Wonokeling dan Desa Petung. Walaupun hujan cukup deras, namun antuasme warga dalam mengawal pelaksanaan pilkades di kedua desa tersebut sangat tinggi, hal ini terlihat dari penuhnya TPS oleh warga yang menanti dan mengawasi perhitungan suara pada sore hari.

Bupati Karanganyar saat memberikan arahan di Balai Desa Dukuh, Kecamatan Ngargoyoso.

Bupati Karanganyar menyampaikan bahwa pelaksanaan berjalan aman dan terkendali. Dirinya berpesan kepada setiap calon kepala desa untuk legowo atas hasil dari pemilihan ini. Selain itu, Bupati Juliyatmono juga menyampaikan kepada panita agar tetap menerima warga yang hendak menggunakan hak pilihnya, selama masih dalam waktu pelaksanaan pemungutan suara. Serta diminta untuk tetap menjaga sportivitas pemilihan.

Demikian Diskominfo. (tgr)