Seminar Wawasan Kebangsaan ITMI Jateng, Kembangkan diri dan wawasan di bidang agama dan pengetahuan 

Kominfo
Seminar wawasan kebangsaan Penyandang Tuna Netra tingkat Propinsi di Gedung PPRBM. Dr. Soeharso, Desa Paulan, Colomadu, Selasa (9/8/2022)

KARANGANYAR– Ketua Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Propinsi Jawa Tengah, Is Hidayat berpesan kepada para penyandang disabilitas untuk terus bersemangat dan mengembangkan diri di bidang agama dan pengetahuan. Keterbatasan fisik hendaknya bukan menjadi kendala untuk terus mengembangkan diri dan menggali potensi yang ada.

Hal tersebut diungkapkan Is Hidayat selaku Ketua ITMI Jateng ketika menghadiri seminar Kebangsaan Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jateng bekerja sama dengan Rumah Aspirasi Tuna Netra Indonesia Pripinsi Jawa Tengah di Gedung PPRBM Prof Dr.Soeharso, Paulan Kecamatan Colomadu, Selasa (9/8) pagi.

Menurutnya para penyandang disabilitas juga merupakan bagian dari bangsa Indonesia sehingga para penyandang disabilitas dapat memberi warna  memberikan kontribusi bagi bangsa.

“Terus mengasah diri dan ketrampilan. Keterbatasan bukan merupakan halangan bagi teman-teman tuna netra untuk berkontribusi bagi bangsa,”pesannya.

Ia juga menyambut positif adanya rumah aspirasi bagi tuna netra dan beragam kegiatan di dalamnya. Karena ini akan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas memperdalam ilmu agama maupun pengetahuan.

“Rumah aspirasi ini dapat menjadi ajang silahturami dan bersosialisasi bagi para penyandang tuna netra. Sehingga akan terjadi transfer ilmu dan wawasan di kalangan teman-teman tuna netra,”katanya.

Selanjutnya Ketua Rumah Aspirasi Tuna netra Indonesia Propinsi Jawa Tengah, Dr. Arif Pribadi mengungkapkan Rumah aspirasi merupakan  jembatan hubungan disabilitas dengan pemerintahan. Sebab mereka  butuh wadah untuk mengembangkan diri.

“Para penyandang disabilitas tidak butuh belas kasihan. Mereka ingin bangkit mengisi kemerdekaan RI sesuai kemampuannya,”katanya.

Sementara itu seminar wawasan kebangsaan mengangkat tema Peran Penyandang Disabilitas Dalam Pembangunan Bangsa dan Negara. Melalui kegiatan ini para penyandang disabilitas dapat terus menambah wawasan serta menjadi manusia yang terus bersemangat dan bukan menjadi penghambat
kemajuann bangsa dan negara.
Diskominfo (ind/dn)