Pj Bupati Kabupaten Karanganyar minta TPID Siapkan Langkah Kendalikan Inflasi

KARANGANYAR – Dalam rangka Pengendalian Inflasi Tahun 2024, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karanganyar melaksanakan High Level Meeting  dalam rangka Sosialisasi Program Kerja TPID Tahun 2024, yang diselenggarakan di Hotel Taman Sari Kabupaten Karanganyar, Kamis (22/02). Kegiatan ini dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Karanganyar Timotius Suryadi, Forkopimda, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Kepala BULOG Kota Surakarta, Kepala  Perwakilan Bank Indonesia Kota Solo , Kepala BPS Kabupaten Karanganyar, dan para OPD terkait.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Karanganyar mengatakan bahwa Inflasi salah satu fenomena dibutuhkan, namun jika tidak terkendali akan terjadi ketidakstabilan. Walaupun Kabupaten Karanganyar tidak menjadi lokasi sampel inflasi, namun index perkembangan harga tetap terus dipantau.  Apresiasi terhadap Disdagperinaker, yang berupaya terus memperbaharui  harga perkembangan di pasar secara realtime.

“Diharapkan jangan sampai harga terlambat terlalu jauh dan untuk mengkomunikasikan dengan dinas terkait untuk mengecek data agar lebih update dan bisa dicarikan solusi untuk mengatasi inflasi yang ada,”ujarnya.

Selanjutnya Timotius mengucapkan terima kasih kepada Tim TPID yang sudah berkerjasama dengan BULOG Kota Surakarta dan Dinas Pertanian karena telah menciptakan Progam Unggulannya seperti Kenyang Tanpa Nasi dan Gerakan Pangan Murah yang mampu menjaga laju inflasi di Kabupaten Karanganyar.

”Kalau kita tidak bisa mengendalikan inflasi, maka akan mengikis daya beli masyarakat, oleh karena itu kita ada program unggulan salah satunya ‘Kenyang Tanpa Nasi’ untuk mengalihkan pola konsumsi karbohidrat masyarakat  dari beras diganti ke umbi-umbian” papar Timotius.

Diskominfo