PENERIMAAN MAHASISWA KKN UMS DAN UMUKA TAHUN 2023 DI KABUPATEN KARANGANYAR

DISKOMINFO
Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M., M.H. menyematkan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa KKN UMS dan UMUKA, (08/02)

KARANGANYAR – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar akan melaksanakan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Karanganyar. Praktek Kegiatan KKN mahasiswa UMS dilaksanakan pada 30 Januari 2023 – 25 Februari 2023 dan mahasiswa UMUKA dilaksanakan Pada 7 Februari 2023 – 7 Maret 2023.

Acara Penerimaan Mahasiswa KKN UMS dan UMUKA dilaksanakan di Pendopo RM. Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (08/02). Nantinya KKN Mahasiswa UMS akan dilaksanakan di Kecamatan Jatipuro, Jatiyoso, Jenawi, Jumpolo, Karangpandan, Matesih, Mojogedang, Jaten, Kerjo, Karanganyar, dan Gondangrejo. KKN Mahasiswa UMUKA akan dilaksanakan di Kecamatan Jatipuro yang tersebar di 8 desa yaitu Jantiharjo, Jatikuwung, Jatisobo, Jatiwarno, Ngepungsari, Jatimulyo dan Jatisuko.

Mahasiswa peserta KKN UMS berjumlah 236 Mahasiswa dan Mahasiswa peserta KKN UMUKA berjumlah 49 Mahasiswa. Tema dari kegiatan KKN Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah KKN bertema Pendidikan, lalu tema dari kegiatan KKN UMUKA adalah Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat di Bidang Peternakan.

Wakil Rektor IV UMS Prof Dr. dr Em Sutrisna, M. Kes menyampaikan bahwa UMS setiap tahun memberangkatkan Mahasiswa KKN ke berbagai daerah di jawa maupun luar jawa dan tidak hanya di jawa ataupun luar jawa UMS juga memberangkatkan mahasiswa KKN ke Malaysia, Tujuan dari kegiatan KKN agar mahasiswa mengetahui masalah real di dunia pendididkan di lapangan dengan berbagai macam daerah dan permasalahan yang berbeda, Mahasiswa agar dapat mengasah soft skill, selain soft skill mahasiswa juga dapat mengasah Life skill, menumbuhkan leadership dari mahasiswa. Beliau berharap mahasiswa belajar bukan hanya di menara gading kampus saja tetapi juga terjun langsung ke dunia nyata di lingkungan pendidikan masyarakat yang akan dilakukan selama satu bulan di karanganyar, sehingga mahasiswa wajib menginap tidak diperbolehkan pulang kerumah.

Prof Dr. dr Em Sutrisna, M. Kes berpesan kepada mahasiswa KKN untuk menunjukkan profesionalitas sebagai mahasiswa calon pendidik, tunjukkan akhlak mulia sebagai mahasiswa calon sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta yang di didik dengan akhlakul karimah, kenali budaya dan adat istiadat lokal.

Acara selanjutkan Bupati Karanganyar Drs. H Juliyatmono, M.M, M.H memberikan sambutan dan mengucapkan terimakasih wilayah kabupaten karanganyar menjadi tempat KKN mahasiswa ums dan umuka, Beliau berharap untuk KKN UMS dan Umuka bersungguh-sungguh dalam menjalan kegiatan KKN, menyukseskan program yang direncanakan untuk desa yang di tempati dan juga peserta KKN diharap dapat mengajak remaja didesa yang ditempati untuk mendaftar kuliah di UMS dan UMUKA

Acara terakhir dilakukan penyematan Jaket Almamater oleh Bupati Karanganyar secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa UMS dan UMUKA dan juga pemberian cinderamata untuk Bupati Karanganyar.

Diskominfo (adt/sny)