Kunjungan Kerja Pj Gubernur Jawa Tengah Ke Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar, Rabu (7/2/2024). Setelah menghadiri acara Gerakan Pangan Murah di Kecamatan Jaten, rombongan Pj Gubernur Jawa Tengah disambut oleh Pj Bupati Karanganyar beserta jajarannya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Tujuan kunjungan kerja Pj Gubernur Jawa Tengah selain untuk bersilaturahmi dan penyerahan bantuan secara simbolis Tahun Anggaran 2024, juga sekaligus memantau kesiapan Pemilu di Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Karanganyar, Ketua TP PKK dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Karanganyar, Kepala OPD se – Kabupaten Karanganyar, Camat beserta Lurah dan Kepala Desa se – Kabupaten Karanganyar maupun Tokoh Masyarakat.

Dalam kesempatan itu Pj Bupati Karanganyar memberikan pemaparan tentang kondusifitas wilayah menjelang Pemilu, penanggulangan kemiskinan, pengendalian inflasi, serta penanganan stunting. ‘’Mitigasi resiko sudah kita siapkan, berkaca dari Pemilu tahun 2019, untuk yang paling rawan Kesehatan KPPS, semua Puskesmas sudah kami instruksikan untuk buka di tanggal 13, 14, 15 sampai dengan penghitungan nanti selesai,’’ ungkap beliau.

“Inflasi di bulan Januari di angka 2,67, masih dalam batas toleransi sesuai dengan target pemerintah. Langkah yang kami lakukan untuk mengatasi inflasi antara lain melakukan pemantauan harga pangan, Gerakan pangan murah, pembelian beras SPHP, Gerakan menanam cabai, memonitor bapokting (barang kebutuhan pokok dan barang penting), rapat mingguan dengan Tim Inflasi pusat, rakor dengan pihak internal hingga monitoring ketersediaan LPG,” lapor Timotius.

Ditambahkan pula dari target investasi sebanyak Rp. 2,024 triliun di tahun 2023 realisasinya mencapai angka Rp. 5,2 triliun. Angka investasi yang tinggi diharapkan dapat menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Karanganyar.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyerahkan bantuan kepada pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan total bantuan mencapai Rp 190,604 miliar. Dalam arahannya, Nana berharap agar bantuan keuangan, terutama sarana dan prasarana harus pertanggungjawabkan dengan baik sesuai peruntukkannya. Selain itu pihaknya berharap agar pejabat daerah lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga bisa memberikan rasa aman, nyaman dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diskominfo.