Kujungan Kerja Pemerintah Kota Yogyakarta di Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR – Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Karanganyar, rombongan diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar beserta jajarannya di Pendopo Raden Mas Said Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (19/02/2024). Kunjungan kerja dilakukan dalam rangka peningkatan optimalisasi tugas dan fungsi staff ahli dan manajemen terkait tata usaha, kerumahtanggaan dan perlengkapan di Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta.

Rombongan dari Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta sebanyak 15 orang terdiri dari Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Staf Ahli Wali Kota Bidang Administrasi Umum, Kepala Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Yogyakarta, Kepala Subbag TU Administrasi Pimpinan dan Staf Ahli, Kepala Subbag Rumah Tangga dan Perlengkapan dan Staf Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Karanganyar menjelaskan asal muasal Keraton Yogyakarta, yang lahir di Karanganyar melalui perjanjian pembagian kekuasaan atau yang kita kenal dengan perjanjian Giyanti. Perjanjian ini membagi mataram islam menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Jogjakarta.

“Jadi, antara karanganyar dan jogjakarta itu ada benang merah, ada ikatan persaudaraan kalau dilihat dari sejarah, jadi mungkin budayanya juga tidak jauh berbeda,” tutur Timotius.

Timotius juga menyampaikan harapan, semoga informasi yang dibagikan atau di-sharing bisa menjadi semangat untuk saling membantu dan memberikan inspirasi satu dengan yang lain.

Perwakilan dari Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta mengucapkan terimakasih atas penyambutan di Kabupaten Karanganyar dan menunggu kunjungan balasan ke Yogyakarta. Beliau menyebutkan ingin mengetahui terkait dengan pengelolaan asset yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Pihak dari Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta juga berharap dari kunjungan kerja ini dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang berdampak positif dan menjadikan Kabupaten Karanganyar dan Kota Yogyakarta lebih baik kedepannya.

Diskominfo