Kementerian ATR/BPN Luncurkan aplikasi loketku dan permohonan Informasi Online

Kominfo
Bupati resmikan loket pelayanan informasi Kantor BPN Karanganyar bersamaan HUT UU Agraria No. 61, Jum’at (24/9) pagi

KARANGANYAR- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan aplikasi Loketku dan Permohonan Informasi Online. Dengan adanya layanan elektronik ini diharapkan pelayanan pertanahan diharapkan semakin meningkatkan efisiensi waktu biaya dan tranparansi pelayanan.

Peluncuran aplikasi dilakukan Menteri ATR/ BPN Sofyan Djalil bertepatan dengan peringatan Agraria dan Hari Tata Ruang, Tanggal 24 September ini. Pelayanan elektronik ini merupakan terobosan untuk peningkatan pelayanan pertanahan kepada masyarakat.

Peringatan Hantaru juga digelar Kantor ATR/BPN Karanganyar dengan upacara. Tampil sebagai Pembina Upacara Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Dalam amanat Menteri ATR/BPN yang dibacakan Bupati Karanganyar Juliyatmono, Peringatan Hantaru kali ini mengusung tema Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Pertanahan yang Profesional dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja. Salah satunya dengan memperluas lapangan pekerjaan dengan memberi kemudahan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dan mendorong investasi.

“Dukungan itu dengan memberikan penyederhanaan ijin usaha. Ada tiga syarat yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan tata ruang, persetujuan lingkungan dan detail tata ruang,”katanya.

Dalam kesempatan itu Kementerian ATR/BPN juga mengajak pemerintah daerah dan stake holders lainnya memberantas mafia tanah. Pihaknya bekerjasama dengan Polri bertekad memerangi mafia tanah.

“Bagi pegawai ATR/BPN baik ASN ataupun PPNPN¬† jangan sekali-kali menjadi bagian mafia tanah. Saya akan tindak tegas dan tak segan memecat oknum tersebut,”ujarnya.

Kementerian ATR/BPN pun berterimakasih kepada lurah, kepala desa, camat dan Kepala Daerah di Indonesia yang telah membantu menyukseskan  berbagai program dari Kementerian ATR/BPN. Momentum Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ini diharapkan pelayanan terhadap masyarakat serta kepentingan bangsa dan negara semakin meningkat.

“Mari selalu jaga integritas dan selalu kerja keras, inovatif dan kreatif menghadapi segala perubahan,”pungkasnya.

Dalam peringatan Hantaru di Kantor ATR/BPN di Karanganyar juga diserahkan mobil operasional dari Pemkab Karanganyar kepada Kepala ATR/BPN Karanganyar. Pemberian ini diserahkan langsung Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada Kepala ATR/BPN Karanganyar.
Diskominfo (dn/ind)