EKSPO KAMPUS KARANGANYAR DONGKRAK MINAT LULUSAN SMA/SEDERAJAT KE PERGURUAN TINGGI

DISKOMINFO
Sekda Pemkab Karanganyar berkesempatan membuka agenda ekspo kampus, Jumat (03/02) siang.

KARANGANYAR РInformasi Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia dapat diakses langsung satu atap dalam ekspo kampus di GOR RM. Said Karanganyar, Jumat-Minggu (03-05/02). Ekspo ini membawa tema Know Your Passion Make Your Future yang diselenggarakan Forum Mahasiswa Karanganyar (Formaka).

Ekspo ini mengundang 44 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia. Adapaun informasi yang dilayani dalam ekspo ini, seperti jadwal pendaftaran, jurusan dan fakultas, kehidupan perkuliahan, beasiswa maupun besaran uang kuliah tunggal (UKT).

“Kami diminta Pemkab Karanganyar agar memotivasi adik-adik yang akan lulus SMA sederajat agar mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sepertinya di Karanganyar belum cukup banyak yang masuk PT dibandingkan kabupaten lain di Solo Raya. Kami sosialisasi ke sekolah-sekolah,” ujar Ketua Panitia Kampus Ekspo Formaka 2023, Artika Indah Pratiwi.

Mahasiswi UMS ini juga mengatakan banyak sekali pilihan melanjutkan ke PT dari Sabang sampai Merauke. Tiap PT membuka kesempatan belajar dan menawarkan solusi bagi mereka dari keluarga miskin. Sementara itu, Sekda Pemkab Karanganyar, Timotius Suryadi, S.Sos.,M.Si. berkesempatan untuk membuka agenda tersebut. Ia mendorong agar lulusan SMA sederajat dapat melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi (PT).

“Memang ada yang berhasil dan sukses otodidak dan interpreneur tanpa bekal pendidikan tinggi, tapi persentasenya tak sebanyak Sarjana. Maka, timbalah ilmu setinggi-tingginya. Pemerintah daerah memberikan beasiswa pendidikan tinggi dan memperluasnya ke karya ilmiah. Tujuannya meningkatkan kualitas SDM muda Karanganyar,” katanya.

Diskominfo (ard/hlm)