Balon Udara Indahkan Langit Desa Kemuning

Karanganyar – Lapangan Desa Kemuning dipadati oleh sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Tak lain adalah karena belasan balon udara diterbangkan bersamaan ke atas langit Desa Kemuning, Minggu (20/11) pagi. Festival balon udara ini digawangi oleh pemerintah Desa Kemuning dan warga setempat, berhasil menarik perhatian publik. Bagaimana tidak, kegiatan ini baru sekali dilakukan di Bumi Intanpari. Festival berlangsung selama 2 hari, yakni dari tanggal 19 hingga 20 November 2022.

Semakin semarak, festival tidak hanya menyuguhkan pemandangan berupa balon udara, namun juga tersedianya festival teh dan sambel tumpang. Tenant sambel tumpang dan teh tersedia di sekitar lokasi penerbangan balon udara. Untuk teh, disediakan secara gratis oleh panita sebanyak 1.000 cup, namun untuk tumpang, tetap berbayar.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas berlangsungnya festival balon udara ini. Kegiatan ini dinilai dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Desa Kemuning dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Timotius menambahkan bahwa konsep wisata di daerah Ngargoyoso, khususnya Kemuning memang dibuat sealami mungkin dan tidak memperbolehkan investor membangun hotel disini. Untuk mengakomodir wisatawan yang akan menginap, pemkab mengarahkan para wisatawan untuk menggunakan homestay yang disediakan oleh masyarakat.

Demikian Diskominfo. (tgr)