Inovasi Pak Tuji Disdukcapil Diacungi Jempol Tim Penilai Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB

Bupati Karanganyar, Drs Juliyatmono MM bersama Sekda Drs Sutarno, M.Si dan Kepala Disdukcapil, Dra Any Widiastuti MM melakukan presentasi di depan tim penilai lomba Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB secara virtual

 

KARANGANYAR – Kabupaten Karanganyar terus melakukan inovasi pelayanan dan kemudahaan mengurus data kependudukan untuk masyarakat Bumi Intanpari. Yang terbaru adalah Inovasi Pelayanan Akta Perkawinan Pitu Dadi Siji (Pak Tuji)  milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. Yakni mengurus dokumen pernikahaan di satu loket akan mendapatkan dua akte perkawinan, 3 KK untuk mempelai dan kedua orang tua mempelai dan dua KTP untuk mempelai. Sebelumnya untuk mendapatkan dokumen tersebut perlu satu hari namun dengan adanya Pak Tuji hanya satu jam selesai dan dikirim ke rumah melalui kantor pos.

“Penyerdahanaan tahapan dan proses cepat dengan inovasi yang kami beri nama Pak Tuji Disdukcapil. Latar belakang permasalahan kurangnya sederhanannya prosedur dan belum terintegrasinya layanan antar dokumen dan masalah waktu pelayanan, kami membuat inovasi pak Tuji,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat presentasi secara virtual dengan tim penilai lomba Kompetisi inovasi pelayanan publik di lingkungan kementrian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Rabu, (07/07).

Usai presentasi, Tim penilai yang dipimpin JB Kristiadi mengakui inovasi Pak Tuji keren dan bagus. Sebab mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat mengenai data kependudukan. Sekaligus memberikan kesadaran yang tinggi bagi masyarakat untuk mengurus dokumen pribadi dengan mudah dan cepat.

Salah satu juri yang lain, Neneng Goenadi menambahkan inovasi ini sangat bagus dan membantu masyarakat. Sekaligus dapat mengetahui dengan cepat, seseorang yang ingin menikah lagi. Bagaiman reaksi masyarakat setelah melakukan inovasi Pak Tuji ini. “Apakah tingkat kesadaran masyarakat naik setelah adanya inovasi Pak Tuji ini,” papar Neneng.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menjawab respon masyarakat senang dan pengurus dokumen jadi lebih tinggi. Tidak perlu calo atau orang lain, namun diurus sendiri dengan gratis dan mendapatkan dokumen dalam waktu yang cepat. (hr/adt)