Penanggulangan Covid-19 : Bupati Tekankan Pentingnya Sinergitas  dan Peran Pemdes dalam PPKM Mikro

Kominfo
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat menyampaikan arahannya, Rabu (23/6) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

KARANGANYAR– Bupati Karanganyar, Juliyatmono menekankan  pentingnya koordinasi dan komunikasi antar semua pihak dalam penanganan covid 19.

Pemerintah Desa (Pemdes) pun diharapkan berperan aktif dalam penerapan PPKM Mikro sebagai upaya menekan laju covid 19.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam kegiatan komunikasi sosial antara Kodim 0727 Karanganyar, Polres Karanganyar dan Pemerintah Karanganyar.

Menurutnya perlu sinergi seluruh pihak dalam mengatasi wabah covid 19. Terlebih Penerapan Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro Pemdes juga harus berperan aktif sehingga mulai dari kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas harus tegas dalam menerapkan aturan di masyarakat.

“Perkuat PPKM mikro dimasing-masing desa. Dana desa juga dapat digunakan untuk pencegahan pandemi covid dengan alokasi delapan persen,”katanya.

Ditambahkannya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar juga berencana untuk memberi subsidi untuk insentif para Babinsa. Kebijakan ini sebagai stimulant bagi kinerja para Babinsa di Lapangan.

“Kita tengah memikirkan subsidi untuk intensif para babinsa dilapangan. Pihak Pemdes juga dapat memberikan dana bantuan agar sosialisasi Babinsa dimasyarakat berjalan maksimal,”tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan Pemkab Karanganyar sendiri akan memberlakukan aturan ketat bagi kegiatan masyarakat. Salah satunya hajatan dengan aturan banyu mili.

“Lonjakan covid 19 terjadi dimana-mana. Tidak ada kelonggaran sebagai antisipasi penyebaran covid 19,”ujarnya.

Sementara Dandim 0727 Karanganyar, Letkol (Inf) Ikhsan Agung Widyo Wibowo menyampaikan perlu ada komunikasi dan sinergi antara Pemerintah, TNI/Polri dalam menekan penyebaran virus corona di masyarakat. Karena tanpa adanya partisipasi dari semua pihak, pemutusan rantai persebaran covid 19 akan kurang berjalan dengan maksimal.

“Penguatan tiga pilar mulai diperlukan agar penanganan covid 19 dari tingkat RT hingga Kabupaten dapat berjalan maksimal. Kami siap mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam pengetatan aturan PPKM mikro,”jelasnya.

Terpisah Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maula menegaskan perlu adanya koordinasi dan komunikasi dalam penanganan covid. Hal ini untuk memudahkan penanggulangan ketika terjadi ledakan covid di suatu wilayah seperti klaster pabrik sepatu di Jaten.

“Wabah covid telah melonjak dan tersebar merata. Koordinasi yang baik dari tingkat bawah akan membantu percepatan pencegahan covid 19 menyebar ke wilayah lainnya,”paparnya.

Diskominfo (dn/ind)