Bidan Diminta Untuk Ingatkan Masyarakat Menggunakan Masker

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan pengarahaan kepada bidan se Kabupaten Karanganyar di Hotel Nava Tawangmangu

KARANGANYAR – Seluruh bidan di Kabupaten Karanganyar diminta untuk ikut mengingatkan masyarakat agar tertib menggunakan masker. Sebab saat ini baru 44 persen saja masyarakat di Kabupaten Karanganyar yang tertib menggunakan masker. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berharap masyarakat dalam menggunakan masker lebih dari 60 persen.

“Saya minta bidan ikut mbengok-mbengok atau mengingatkan untuk pentingnya menggunakan masker. Kita tahu Kabupaten Kudus melambung tinggi terkait kasus Covid-19,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan arahaan dan pembinaan seluruh bidan di Kabupaten Karanganyar yang bertempat di Hotel Nava, Tawangmangu, (05/05).

Dia menambahkan bidan harus mempunyai semangat dan persepsinya yang positif. Selain itu tetap diminta sabar dan menahan amarahnya terkait menemui pasien Covid-19. Persepsi positif yang dimaksud, bidan harus mempunyai memberikan keyakinan bahwa penyakit ini sembuh, dan si pasien ditumbuhkan untuk semangat menghadapi penyakit ini. “Yakinkan masyarakat luas bahwa penyakit covid 19 sembuh dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Karanganyar meminta bidan di Kabupaten bekerja secara profesional. Profesional itu ada tiga indikatornya yakni mencintai pekerjaannya, kreatif dan inovatif dan ada tata nilai. Selanjutnya dijelaskan bupati satu persatu, profesional itu bidan harus senang dan mencintai pekerjaan ini. Bidan mempunyai prean strategis dan luar biasa sehingga semua berkeinganan menjadi bidan. Kedua kreatif dan inovatif, yakni ditangani pasien atau siapun terkait kesehatan dengan pendekatan yang baik. “Sing nyenengkeh. Pethuk uwong guya-guyu. Ketiga tata nilai yakni pekerjaan ini diyakini membawa kebaikan dan akan mendapatkan balasan dari Allah SWT,” pungkasnya. (hr/adt)