Pemkab Karanganyar Ikuti Upacara HARKITNAS ke 113 Secara Virtual

Kominfo
Bupati Karanganyar, Wabup, Forkopimda beserta jajaran OPD lengkap mengikuti Upacara HARKITNAS 113 Tahun 2021 secara virtual, Kamis (20/5) pagi.

KARANGANYAR-  Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Karanganyar mengikuti Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke 113 Tahun 2021 secara virtual di ruang Anthorium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (20/5) pagi.

Dalam Amanat  Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate menekankan pentingnya tiga hal yang diretas  Boedi Oetomo  dalam meletakkan dasar dasar kebangkitan nasional  bagi bangsa Indonesia, yakni pertama; cita cita untuk memerdekakan cita cita kemanusiaan, kedua; memajukan nusa dan bangsa; ketiga; mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Dikatakan tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya. Pada era prakemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah. Paska kemerdekaan kebangkitan Nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa.

Menurutnya di era reformasi membawa Indonesia menuju pengelolaan Negara yang lebih terbuka dan dekomratis. Makna kebangkitan seyogyanya diarahkan menjadi unifying factor (faktor pemandu) untuk mengembangkan demokratisasi disegala bidang, mewujudkan keadilan, penegakan hukum, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

“Inilah agenda kontekstual yang sejatinya lebih dari cukup untuk mengantarkan bangsa Indonesia ke cita cita ketiga yang diretas Boedi Oetomo, yakni berbuat sesuai dinamika kehidupan bangsa saat ini,”terangnya.

Ditambahkannya pandemi covid 19 berhasil memaksa kita untuk mengubah kebiasaan kebiasaan kita secara drastic, seperti interaksi fisik atau tatap muka di dunia nyata yang berpindah ke dunia virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi telekomunikasi.

“Dengan adanya kondisi ini, Indonesia bahkan di seluruh dunia tanpa sadar melakukan perubahan atau pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan dari non-digital menjadi digital,”imbuhnya.

Diskominfo (dn/ind)