Cegah Penyebaran Covid 19, Bupati Minta Tidak Usah Berkunjung Untuk Halal bi Halal

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyematkan pita tanda dimulai operasi ketupat candi 2021

 

 

KARANGANYAR – Pada saat apel gelar pasukan dalam Operasi Ketupat Candi 2021, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mewanti-wanti untuk tidak berkunjung atau halal-bihalal secara massal. Sebab covid 19 masih ada dan harus terus diwaspadai. Jangan sampai lengah sehingga membuat kasus Covid 19 lebih besar lagi.

“Saya minta yang perantauan untuk tidak mudik terlebih dahulu. Namun, klau nenekmu itu dari Karanganyar silahkan saja namun tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik,” ujar Juliyatmono usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi di halaman Mapolres Karanganyar, Rabu (06/05).

Ditanya dengan mudik lokal (antar daerah di Solo Raya), Orang nomor satu di Karanganyar menyatakan tidak ada mudik lokal. Itu namanya silaturahmi. Pihaknya berharap hindari terlebih dahulu halal bi halal. Pemkab, menurutnya tahun ini tidak ada open house. Soalnya, sudah setiap hari hampir ketemu dan itu saya anggap sudah open house atau silaturahmi. “Intinya, kita tidak boleh telodor karena covid 19 masih ada,” tambahnya.

Sementara Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maula mengatakan dalam operasi ketupat candi tahun 2021, Polres menyiagakan 8 pos, termasuk pos di Cemoro Kandang sebagai pintu masuk dari Jawa Timur, menindaklanjuti atensi larangan mudik. Operasi ketupat candi tahun 2021 melibatkan 350 personel dari Polres, TNI dan instansi terkait. Tugas pos tersebut adalah untuk penyekatan dan himbuan-himbauan mengenai covid 19. “Seluruh pos aktif 24 jam karena sudah dibagi per shifnya. Selain itu, kami juga mengaktifkan PPKM Mikro ditingkat RT karena ada babinsa dan babinkantibmas,” ujar Kapolres.

Dia menambahkan bagi pemudik yang sudah sampai rumah, PPKM mikro tetap akan bekerja. Artinya, RT akan melakukan pendataan dan tidak boleh keluar dulu dari rumah. Tentu, RT juga akan ikut aktif mengawasi orang yang bukan dari daerah tersebut. (hr/adt)