Pelatihan Public Speaking Generasi Milenial Karanganyar

Diskominfo
Peserta pelatihan Public Speaking 

KARANGANYAR-Wakil Bupati Karanganyar  gandeng Bank Indonesia Solo dan Anggota DPD RI Jawa Tengah adakan pelatihan Public Speaking di Aula Rumah Dinas wakil Bupati Karanganyar, Selasa (6/04/21).

Nugroho Joko Prasyowo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo mengatakan jika pemimpin masa depan harus punya kemampuan untuk mengajak dalam kebaikan dan selalu optimis.                                      “Dizaman digital seperti ini selain berbicara strategis juga diperlukan pemahaman terkait teknologi digital, zaman industri 4.0 menuntut pengguna memahami pemakaian teknologi digital”, terangnya.

Karena itu Bank Indonesia pada kesempatan ini turut melaunching aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS ini adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang dilakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya

Anggota DPD RI Jawa Tengah Casytha A Kathmandu menjelaskan jika dimasa pandemi, komunikasi tatap muka memang dibatasi. Namun dengan perangkat IT, hal itu bisa bersolusi.
“Komunikasi verbal secara tatap muka tetap lebih efektif. Komunikasi itu tak hanya menyampaikan pemikiran kita, tapi juga dapat dibaca raut muka seseorang. Meyakinkan calon pembeli tentang keunggulan produk dan promosinya. Sehingga kemampuan berkata-kata itu penting,” kata Casytha.

Lebih lanjut dikatakan, UMKM memegang peranan penting dalam membangkitkan perekonomian yang sedang lesu.
“Enggak semua pelaku UMKM bisa mengakses marketplace. Mereka yang kemampuan terbatas seperti lansia masih bingung mau masang produk di mana dan transaksi seperti apa, maka dari itu butuh pendampingan dari kalangan milenial dan pemerintah,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Karanganyar Rober Cristanto berharap pelatihan Public Speaking ini bisa menambah ilmu dan wawasan bagi generasi milenial Karanganyar.

Rober menambahkan jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berhasil mendapatkan award dari Kementrian Koperasi dan UMKM.
“Dimasa pandemi Pemkab Karanganyar mampu mendorong perkembangan UMKM
ini bukan semata-mata prestasi pemerintah tapi ini juga prestasi UMKM yang ada di Karanganyar”, jelasnya. Diskominfo (An/In)