Launching Pendataan Keluarga, Bupati Berpesan Agar Didata Dengan Baik Untuk Meningkatkan Kualitas Keluarga di Karanganyar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan sambutan dalam launching pendataan keluarga di Kabupaten Karanganyar

 

 

KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar launching pendataan keluarga, pelayanan KB Mantab, dan penurunan Angka Stunting melalui edukasi 100 hari pasca kelahiran tahun 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Tujuan dari launching 3 program tersebut adalah untuk memperoleh peta sasaran program pembangunan keluarga, menentukan dukungan yang terbaik untuk pembangunan keluarga dan menentukan indikator pembangunan keluarga.

“Pendataan keluarga ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali melalui kunjungan keluarga. Untuk mendapatkan data yang akurat, valid, relawan dan dapat dipertanggungjawabkan. Pendataan ini akan dilakukan mulai 1 April sampai 31 Mei mendatang,” papar kepala DP3APPKB Kabupaten Karanganyar, Agam Bintoro.

Selain itu, kegiatan ini juga melakukan pelayanan KB melalui metode operasi wanita atau pria yang dilaksanakan pada Bulan Maret 2021 sampai November 2021 di RSUD Karanganyar, Rumah sakit Indo Sehat dan Dia Pertiwi. Sementara untuk kegiatan pencegahaan Stunting akan dilaksanakan melalui edukasi kepada keluarga pada 1000 hari pasca melahirkan.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmomo mengatakan pendataan keluarga, pelayanan KB mantab, dan pencegana stunting disambut dengan baik. Pendataan ini dilakukan untuk mendapatkan data mengenai kepesertaan keluarga di Kabupaten Karanganyar. Pendatan keluarga ini diharapkan memperoleh data yang valid untuk peningkatan kelualitas keluarga. “Berbicara keluarga adalah berbicara yang sungguh amat fundamental dan substansial. Sejatinya negara ini adalah kumpulan dari keluarga-keluarga. Sehebat apapun seseorang pasti akan pulang bersama keluarga,” ujar Juliyatmono. (hr)