UNIT METROLOGI LEGAL DISDAGNAKERKOPUKM KARANGANYAR SIAP BEROPERASI

(Karanganyar, 30/03/2021) Salah satu tugas pokok dan fungsi pada Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi  Usaha Kecil dan Menengah (DISDAGNAKERKOPUKM) Kabupaten Karanganyar adalah melaksanakan Pelayanan Metrologi Legal (Tera dan Tera Ulang) berupa UTTP (Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya). Pada 2019 lalu, DISDAGNAKERKOPUKM telah mendapatkan Peralatan Standar Kemetrologian dan Kendaraan Operasional Kemetrologian melalui DAK tahun 2019 sebagai modal asset untuk melaksanakan kegiatan tera dan tera ulang di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Dari hasil penilaian yang telah dilaksanakan pada Selasa 29 Desember 2020 lalu, maka Kementerian Perdagangan RI menyatakan bahwa Unit Metrologi Legal (UML) Kabupaten Karanganyar telah memenuhi syarat untuk memperoleh SKKPTTU (Surat Keterangan Kemampuan Pelayanan Tera/Tera Ulang). Selanjutnya, pada tanggal 13 Januari 2021, SKKPTTU untuk UML Kabupaten Karanganyar telah diterbitkan oleh Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan RI, sedangkan Cap Tanda Tera (CTT) telah diperoleh pada Kamis 18 Maret 2021.

Dengan ketiga capaian tersebut diatas, maka Unit Metrologi Legal Kabupaten Karanganyar dibawah DISDAGNAKERKOPUKM telah dapat melaksanakan pelayanan tera/ tera ulang kepada masyarakat dan sektor usaha. Sebagai kegiatan tahun pertama, maka UML DISDAGNAKERKOP Karanganyar diberikan tugas oleh KEMENDAG RI untuk melaksanaan tera/ tera ulang mandiri tahun 2021 yang meliputi 2 obyek tera, yaitu pada SPBU dan pasar tradisional. Sedangkan untuk layanan tera/ tera ulang yang lain dilaksanakan bekerjasama dengan UML daerah sekitar.

Dalam pelayanan tera perdananya, UML DISDAGNAKERKOP Karanganyar melaksanakan Tera Ulang di perusahaan cat INDACO, berupa 2 (dua) unit bejana takar berukuran 50.000 liter dan 20.000 liter. Sebagai bentuk apresiasi, Kepala DISDAGNAKERKOPUKM Martadi, S.Sos, MM langsung memimpin pelaksanaan layanan tera perdana tersebut.

Saat ini, UML DISDAGNAKERKOPUKM Karanganyar telah beroperasi dan siap melayani permintaan tera dan tera ulang untuk berbagai jenis timbangan dan alat ukur (UTTP). Dengan telah dilaksanakannya kegiatan tera dan tera ulang secara mandiri tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan usahanya, utamanya dalam hal ketepatan ukuran dan timbangan untuk berbagai komoditas yang diperdagangkan.