Sosialisasi UU Cipta Kerja Tahun 2020 Kabupaten Karanganyar

Diskominfo
Sambutan dan pengarahan oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono

KARANGANYAR – Sosialisasi UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja di Kabupaten Karanganyar dihadiri oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Karanganyar Gunadi Hery Urando di New Normal Café Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Selasa (16/03/21).

Kegiatan yang mengambil tema pencegahan dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial tersebut bertujuan agar peserta bisa memahami UU Cipta Kerja No 11 Tahun 2020 dengan baik dan benar, selain itu juga untuk mengurangi jumlah perselisihan hubungan industrial antara perusahaan dan pekerja sehingga tercipta suasana kerja yang kondusif.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Karanganyar Martadi menjelaskan bahwa sebanyak 64 perusahaan se Karanganyar mengikuti sosialiasi tersebut, rata-rata setiap perusahaan mengirimkan 3-5 wakilnya baik yang berasal dari HRD maupun unsur staf.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari Tanggal 16 – 17 Maret 2021 tersebut dibagi dalam dua angkatan, hari pertama sebanyak 100 peserta dan hari kedua 100 peserta.

Sementara Juliyatmono mengungkapkan jika negara kita adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, artinya kalau sudah ditetapkan sebuah UU tugas kita melaksanakannya sampai di tingkat desa. “Masyarakat dianggap sudah mengerti UU kalau sudah diputuskan” tegasnya.

Atas nama pemerintah bupati meminta agar perselisihan antara pemilik perusahaan dengan karyawan sebisa mungkin dihindari, dan terus dibangun komunikasi yang sejuk  supaya hasilnya bagus.

“Ajak karyawan berfikir yang baik jelaskan tentang misi perusahaan, kalau sejahtera berikan benefit diluar apa yang menjadi hak-haknya sesuai undang-undang” tandasnya Diskominfo (An/In).