Kabupaten/Kota Diminta Siapkan Pendataan dan Pelaksanaan Vaksin Untuk Masyarakat Luas

Bupati mengikuti rapat persiapan vaksin covid 19 dengan Jawa Tengah bersama Gubernur melalui vidcon

 

KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama Polres dan Kodim 0727 mengikuti rapat persiapan vaksin 19 massal di Jawa Tengah bersama Gubernur Jawa Tengah melalui aplikasi video conference. Pada kesempatan itu, Orang nomor satu di Jawa Tengah menyarankan vaksin tahap selanjutnya diperuntukkan untuk masyarakat luas. Pihaknya meminta Kabupaten/Kota mempersiapkan tempat untuk melakukan vaksin massal tersebut. Bisa disekolah atau universitas yang mempunyai lokasi yang luas.

“Saat ini tes swab antigen juga mulai dilaksanakan dan petugasnya telah mengalami pelantihan. Partisipasi bapak ibu di Kabupaten Kpta menjadi penting agar vaksin berjalan dengan baik,” papar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dia menambahkan untuk tenaga vaksin berbasis tenaga kesehatan dari Puskesmas dibantu TNI dan Polri. Pihaknya meminta jika dalam satu RT saja ada yang kena, Gubernur meminta satu RT tersebut lokcdwon. Jangan sampai menunggu sampai 10 orang yang terkena baru dilokcdwon.  “Kita terus akan memperketat untuk protokoler kesehatan,” imbuhnya

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan rapat dengan Gubernur membahas waktu untuk pelaksanaan vaksin di Kabupaten/Kota. Untuk Kabupaten Karanganyar vaksin tahap satu sudah 75 persen. Sedangkan yang belum dengan pertimbangan kesehatan yang bersangkutan. “Mungkin tekanan darahnya naik dan lain sebagainya. Akhir Februari diharapkan bisa selesai,” tandasnya.

Sementara Kepala Satpol PP, Yophy Eko Jati Wibowo  meminta untuk Kementerian Agama di Kabupaten Karanganyar membatasi jumlah orang apda saat ijak kabul. Maksimal 10 orang saja sehingga tetap terjaga protokoler kesehatannya. Selain itu, di meminta ijab jangan dilaksanakan pada malam hari. “Saya bagiannya resepsinya dan ijabnya saya sudah berkoordinasi dengan Kemenag untuk membatasi orang yang ikut saat ijab qabul pernikahaan,” tambahnya. (hr/adt)