Bupati Sidak RSUD Karanganyar, CekTempat Tidur (TT) Pasien

Bupati Karanganyar, Juliyatmono sidak di RSUD Karanganyar

KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono kembali melakukan pengecekan tempat tidur (TT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jengglong, Karanganyar. Pengecekan itu dilakukan agar standar yang ditetapkan kementerian kesehatan untuk TT cukup untuk pasien covid 19. Orang nomor satu di Karanganyar, ditemani PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Sundoro, Direktur RSUD Karanganyar, dr Iwan Setiawan Adji SP, THT, Kepala Bidang Pelayanan Medik Perawatan dr Kristanto Setyawan.

“Jumlah seluruh TT di RSUD Karanganyar 383 TT. Saat pandemi Covid 19 ini menjadi 298 TT. Setidaknya 50 persen TT dari 298 untuk pasien Covid 19,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai pengecek sejumlah titik di rumah sakit, Selasa (09/02).

Selain itu, Bupati Karanganyar juga meninjau ruang ICU yang harusnya ada 14 dan baru tersedia 6. Pemkab akan mencukupi tahun ini kekurangnya. Kekurangan ini merupakan standar yang diwajibkan Kemenkes sehingga pihak rumah sakit harus mencukupinya. Semua pasien covid terlayani dengan baik. “Semua tenaga kesehatan sudah siap dan tidak ada penolakan,” tambahnya.

Bupati juga menyidak sejumlah nakes yang tengah di pasien sinovac. Hampir semua tenaga kesehatan dilakukan vaksin yang kedua.  Bupati juga mengecek lokasi vaksin untuk tenaga kesehatan.

Sementara Direktur RSUD, Dr Iwan Setiawan Adji mengatakan untuk ruang ICU akan ditambah tempat tidurnya. Memang sesaui aturan harusnya 14 dan baru ada 6 dan tahun ini akan ditambah 8. Dari 298 TT pihaknya harus menyiapkan 50 persen untuk covid 19. Direktur RSUD Karanganyar mengakui pasien covid 19 menurun drastis di akhir Januari. “Penurunan jumlah penderita covid 19 menurun drastis. Awal Januari diangka 100 namun sudah berkurang jauh,” imbuh Iwan. (hr/adt)