Tokoh Masyarakat, Gunawan Wirosaroyo Tutup Usia. Bupati Menilai Gunawan Tokoh Karanganyar Yang Penuh Gagasan dan Ide

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan sambutan atas meninggalnya Gunawan Wirosaroyo

KARANGANYAR – Kepergian tokoh masyarakat Karanganyar, Gunawan Wirosaroyo membuat publik Intanpari merasa kehilangan. Bupati Karanganyar, Juliyatmono menilai Gunawan Wirosaroyo adalah tokoh masyarakat yang penuh dengan gagasan dan ide. Bahkan, dua tahun lalu meskipun sudah ‘sepuh’ namun gagasan dan ide untuk membangun Karanganyar sangat luar biasa. Gunawan Wirosaroyo meninggal dunia Sabtu (23/01) karena sakit pengapuran. Semasa hidupnya pernah menjadi Ketua DPP PDIP serta anggota DPR RI dan Ketua pemenangan Pilkada Area Jawa-Bali

“Atas nama pemerintah dan pribadi, saya ngaturaken bela sungkowo awet sowanipun tokoh politik, tokoh masyarakat dan senior kita, Bapak Gunawan Wirosaroyo kepada Allah SWT. Saya menganggap Bapak Gunawan sebagai orang tua saya sendiri,” papar Juliyatmono saat memberikan sambutan dalam Takziah di Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, (24/01).

Orang nomor satu di Karanganyar menilai sosok Gunawan adalah sosok yang pertama kali mengibarkan PDIP di Kabupaten Karanganyar di rumah Sastrio Suparjo. Bahkan, perjuangannya juga membuat Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia. Pihaknya mengajak untuk terus melanjutkan cita-cita beliau. “Semoga segala kebaikannya diterima oleh Allah SWT dan ditempatkan di surga-Nya. Meskipun saya berbeda partai, namun saya belajar dari kepemimpinan beliau,” tambahnya.

Sementara Ketua Komisi 2 DPRD Jateng, Sumanto mengatakan dirinya sebagai kader PDIP merasa sangat kehilangan meninggalnya Gunawan Wirosaroyo. “Sudah tidak asing lagi almarhum ini seorang guru politik bagi generasi PDIP saat itu yang hingga kini semangatnya terus terpatri,” tandasnya.

Menurut Sumanto, kegigihan Almahum Gunawan Wirosaroyo dikenal total dalam berjuang membesarkan partai PDIP yang mana saat itu sedang masa sulit bagi partai melawan rezim Orde Baru. Namun Almarhum  pantang mundur dan makin massig mendoktrinkan ilmu semangat kaderisasi kepada para kader baru.  Almarhum metupakan satu dari 50 orang bersejarah  di Indonedia yang ikut menandatangani pendiran partai PDIP,” ungkapnya

Pantauan Karanganyarkab.go.id. Ratusan karangan bunga membanjiri rumah Almarhum mantan politisi senior PDIP Gunawan Wirosaroyo di Desa Papahan, Tasikmadu, Karanganyar, Jateng, Minggu (24/01). Tampak karangan bunga dari Presiden Jokowi serta Megawati Soekarno Putri, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta dari sejumlah menteri hingga bupati dan walikota sejumlah daerah. Selain itu tampak hadir Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo, Ketua Komisi Dua DPRD Jateng Sumanto, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Wakil Bupati Karanganyar Rober Christanto serta banyak tokoh daerah lainnya.

Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo sangat terkesan dengan sosok Almarhum saat memberikan wejangan pada kader muda PDIP. “Saya masih ingat pesannya bahwa roda itu pasti berputar, begitu juga dalam politik dan kekuasaan maka jangan nglokro tapi semangat menyambut kemenangan,” ujarnya.  Bagi Bagus Selo semangat baja Almarhum wajib terus diteladani seluruh kader PDIP diera sekarang ini.  (hr/adt)