Penyerahan Bansos KPM 2020

Diskominfo
Penyerahan bantuan oleh Bupati Karanganyar.

KARANGANYAR – Penyerahan bantuan sosial Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diserahkan secara simbolis kepada perwakilan penerima oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (29/12/2020).

Ada empat kategori penerima bantuan yakni Keluarga Penerima Manfaat (KPM) graduasi, santunan kematian, spontanitas rawan sosial, dan korban bencana alam.

Kepala Dinsos Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki menyampaikan, anggaran bantuan senilai Rp 1,26 miliar untuk empat kategori itu bersumber dari APBD 2020.

“Bantuan diberikan kepada sebanyak 500 KPM graduasi di 17 kecamatan, santunan kematian sebanyak 347 penerima, masing-masing Rp 1 juta dan warga terdampak bencana alam dengan nilai total Rp 566 juta. Kategori berat Rp 5 juta, sedang Rp 3,5 juta dan ringan Rp 1,5 juta,” katanya.

Dalam kesempatan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) telah memotivasi hingga KPM lulus atau graduasi mandiri turut diberikan penghargaan. Ada tiga TKSK dari Kecamatan Jumantono yang mendapatkan penghargaan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta supaya bantuan itu dipergunakan sebagaimana mestinya sesuai kebutuhan. Dia juga mengapresiasi TKSK yang telah memberikan motivasi kepada KPM hingga lulus atau mampu hingga keluar dari program bantuan pemerintah.

“Yang strategis itu peran pendamping PKH yang memotivasi karena sudah survive dan mandiri bisa mengundurkan diri dari program PKH. Harapan pemerintah kan seperti itu. Sehingga bantuan itu bisa disalurkan kepada lainnya yang membutuhkan,” ucapnya. Diskominfo (in/An)