Hijaukan Jalur Ngipik, Karangpandan, Bupati dan Wakil Bupati Tanam Pohon Buah-Buahan

Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar menyerahkan bibit pohon cempedak kepada masyarakat

  KARANGANYAR – Untuk terus menghijaukan bumi Intanpari, Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar melakukan penanaman pohon sepanjang jalan di Tugu Ngipik, Karangpandan, Selasa (15/12). Jalur alternatif ke Karangpandan tersebut ditanami puluhan pohon cempedak. Sebab pohon cempedak (dari keluarga pohon nangka) merupakan pohon yang sangat baik untuk melakukan konservasi air dan lahan. Pohon cempedak masih bisa hidup di lahan-lahan marjinal, bahkan dia bisa memperbaiki struktur tanah di sekitarnya.

“Hari ini semua masyarakat diminta untuk menanam pohon apapun di lingkungan masing-masing sebagai gerakan Karanganyar ijo royo-royo. Simboliknya, kami dan Forkopimda menanam pohon cempedak di sepanjang jalur Ngipik, Karangpandan ini,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai menggelar acara penanaman bersama dalam rangka Gerakan Karanganyar Ijo Royo-royo di Lapangan Kepanjen, Karangpandan.

Dia menambahkan saat ini yang aktif adalah masyarakat setempat. Mulai dari membuat lobang dan nanti merawatnya. Pihaknya hanya menyediakan bibit untuk ditanam. Kemudian selain cempedak, juga ditanam pohon kelengkeng di sepanjang jalur ini. “Simbolisasinya tiap tanggal 15 Desember. Relatif setiap hari harusnya juga terus menanam menanam,” tambahnya.

Selan itu, juga untuk menjaga kualitas udara segar di Kabupaten Karanganyar tetap segar. Orang nomor satu di Karanganyar juga meminta semua masyarakat untuk menanam pohon di lingkungannya masing-masing.(hr/adt)