Sosialisasi Pemberdayaan Ormas Se Karanganyar

Diskominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan sambutan dan arahan

KARANGANYAR – Sosialisasi pemberdayaan organisasi kemasyarakatan (Ormas) diselenggarakan di Hotel Taman Sari, Senin (30/11/2020).

Kepala Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) Karanganyar, Bambang Sutarmanto menyampaikan, ada sejumlah 285 ormas di Kabupaten Karanganyar. Dari jumlah itu diakuinya ada beberapa yang aktif dan ada yang tidak aktif. Dalam kesempatan ini, Kesbangpol mengundang beberapa ormas untuk mengikuti sosialisasi pemberdayaan.

“Karena jumlah (ormas) banyak, nanti kita gelar secara bertahap,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengungkapkan, ormas bagian dari civil society atau masyarakat madani. Tentunya mereka memiliki kompetensi sesuai profesi dan tujuan masing-masing. Pemkab Karanganyar memiliki kewajiban terhadap mereka untuk memberdayakan dan mengkomunikasinya program dari pemerintah.

“Kita sinergikan dengan program pemerintah. Sehingga dapat mempercepat tujuan pemerintah. Pemberdayaan ini lebih kepada meningkatkan dan mendudukan, agar ormas berjalan sesuai maksud dan tujuannya. Jangan sampai berubah dari maksud dibentuknya organisasi itu,” ucapnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Karanganyar, Kompol Budianto menjelaskan, masyarakat memiliki peran dalam menciptakan situasi kamtibmas. Sehingga perlu adanya kerja sama dari semua elemen masyarakat supaya situasi tetap kondusif.

“Apabila situasi kondusif, masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan aman dan nyaman,”pungkasnya. Diskominfo (in/an)