Bonsai Santigi Juara Lomba Bonsai di Kabupaten Karanganyar

KARANGANYAR – Bonsai santigi disematkan juara oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam lomba bonsai dan tanaman hias, Jumat sore, (13/11) di Gedung Wanita Karanganyar. Penyematan tersebut dinilai juri karena memiliki semua komponen penilaian. Mulai dari estetika seni, gerak dasar (penampilan dari ujung bawah sampai atas), penampilan dan kematangan. Namun demikian, juri belum akan membuka siapa pemilik bonsai santigi karang tersebut.

Kepala Dinas Pertanian, Siti Maysaroh mengatakan ditengah situasi pandemi seperti ini dan memperingati hari jadi Kabupaten Karanganyar ke 103, Dinas Pertanian mengadakan ekspo tanaman hias. Ekspo tersebut juga mengadakan lomba bonsai dan tanaman hias. Untuk lomba tanaman bonsai dengan peserta  679 dari seluruh Indonesia. Kemudian lomba Anthurium dan bursa tanaman hias. “Untuk tanaman hias ada 60 peserta dan omset penjualan mencapai Rp 250 juta. Kemarin ada orang dari Solo Baru Sukoharjo, memborong anggrek sampai Rp 5 juta,” ujar Siti Maysaroh.

Dia berharap pameran yang akan berlangsung 10-18 Nopember bisa mengobati kangen terhadap tanaman hias. Pihaknya mengucapkan terima kasih dukungan berbagai pihak.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan tanggal 18 Nopember 2020 tepat hari jadi Karanganyar ke 103. Tagline Kabupaten Karanganyar adalah maju dan tangguh. Pada Kesempatan itu, bupati juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dirjen Dukcapil, Prof Yudhan yang juga membawa bonsai untuk dilombakan. “Ide awalnya pameran tanaman hias ini adalah menghindari kerumunan dan tetap produktif dan inovati. Yakni dengan menggelar pameran tanaman hias dan animo masyarakat  yang luar biasa,” pungkasnya. (hr/adt)