Uji publik raperda pembentukan dana cadangan pemilihan kepala daerah 2024

Kominfo
Uji publik raperda terkait pilkada serentak di Jateng, Kamis (12/11)

KARANGANYAR– DPRD Propinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar uji publik Raperda pembentukan dana cadangan pemilihan Kepala Daerah 2024. Kegiatan ini untuk mengakomodasi masukan dari masyarakat untuk menyempurnakan isi raperda.

Uji publik Raperda dana cadangan digelar di Hotel Alana, Colomadu Karanganyar, Kamis (12/11) . Dalam kegiatan ini dihadiri sejumlah kepala daerah/perwakilan di Jateng serta elemen masyarakat.

Ketua DPRD Jateng, Mohammad Sholeh mengatakan Pilkada serentak 2024 akan menelan biaya besar. Untuk dana pilkada serentak itu setidaknya menghabiskan dana sekitar 1,6 triliun.

“Pembentukan dana cadangan dalam peraturan daerah ini dimaksudkan untuk membiayai kegiatan Pilkada serentak. Karena penyediaan dana tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran,”jelasnya.

Ditambahkannya prinsip penggunaan dana cadangan digunakan untuk pembiayaan yang telah ditentukan.
Dana cadangan ini pun tidak dapat dipakai untuk membiayai kegiatan di luar yang ditetapkan dalam peraturan daerah ini.

Sementara Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono mengatakan uji publik ini untuk menyempurnakan isi dari raperda dana cadangan pemilihan Kepala Daerah 2024. Pihaknya sendiri telah melakukan penyusunan anggaran secara komprehensif agar pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar.

“Raperda ini kita susun dengan efisien dan transparan kepada masyarakat. Kami pun terus menyosialisasikan dan mendengarkan masukan-masukan dari berbagai pihak,”katanya.
Diskominfo (dn/ind)