Potensi Olahan Kuliner Di Karanganyar Luar Biasa Buat Wisatawan ‘Kepincut’

KARANGANYAR – Olahan Kuliner di Karanganyar sangat luar biasa. Selain banyak jenis, makanan dan minuman rasanya mantab. Dipastikan wisatawan ‘Kepincut’ ingin membeli aneka khas makanan olahaan. Mulai dari es krim dari bahan sukun, egg roll, keripik roti, jahe,  olahan singkong dan lain sebagainya. Hal itu terlihat saat Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar lomba Kreasi Kuliner di Edupark Alaska, Desa Pendem, Kabupaten Karanganyar, Kamis (12/11).

“Saya tidak menyangka olahan kuliner dan aneka jenis makanan sangat luar biasa. Saya yakin, Karanganyar sebagai tujuan destinasi wisata makin lengkap karena oleh-oleh atau buah tanganya lengkap,” papar Desi, salah satu wisatawan yang berkunjung ke Edupark Alaska.

Lomba Kreasi Olahan Kuliner diselenggaran di Edupark Alaskan, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang

Kepala Disparpora, Titis Sri Jawoto mengatakan lomba kreasi olahan kuliner ini dilakukan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 103. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para panitia, peserta dan para juri yang telah menilai kreasi olahan makanan di Kabupaten Karanganyar. Dewan juri sendiri terdiri dari para pakar makanan, diantaranya adalah Daryono (Asosiasi Kuliner Jawa Tengah), Sisto (GM Alana Hotel) dan Pri Siswanto, (Ketua Asita Solo). “Olahan makanan harus dinilai orang yang berkompeten karena mereka yang mengelola wisatawan. Selain berwisata, wisatawan butuh oleh-oleh atau mencari buah tangan. Jika ini dinilai baik, maka oleh-oleh wisatawan telah tersedia, “ tambahnya.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono atas nama pemerintah mengucapkan maturnuwun. Seba ditengah pandemi seperti ini tetap bisa berkreasi dan berinovasi. Pemkab akan terus menyemangati untuk melakukan inovasi dan kreasi dibidang makanan agar tidak harus menunggu covid 19 selesai. “Tidak mungkin rejeki datang sendiri, hanya dengan cara berkreativitas maka rejeki mendatangi. Semua orang butuh makanan sehingga kreasi olahan makanan ini sangat tepat menjadi buah tangan para wisatawan,” imbuhnya.

Para pemenang nanti, menurut Bupati diharapkan akan ditampilkan menjadi hidangan untuk acara puncak hari jadi Karanganyar ke 103. (her/adt)