Napak Tilas Joko Songo Tahun Ini Dimulai Dari Karangpandan

Diskominfo
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sundoro saat memberangkatan Rombongan Napak Tilas

KARANGANYAR – Rombongan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Joko Songo ke 25 resmi diberangkatkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sundoro dari Mbangun Makuthoromo Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Rabu (11/11/2020).

Peserta rombongan berasal dari unsur pramuka Penegak/Pandega se Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 156 orang.

Selain untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 103 dan memperingati Hari Pahlawan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, patriotisme serta kepemimpinan dalam jiwa generasi muda.

Kegiatan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Joko Songo meliputi Petualangan, Lomba dan seni. Petualangan menempuh jarak kurang lebih 9 km dengan rute Terminal Mbangun Makhutoromo-Desa Doplang-Desa Ngemplak-Desa Plosorejo dan finish di Balai Desa Matesih.

Sedangkan untuk lomba dan seni berlangsung secara virtual dan sudah dilaksanakan serta dilakukan penjurian pada Selasa 10 November 2020. Peserta akan memperebutkan piala bergilir Bupati Karanganyar, yang mana pada Tahun 2019 dimenangkan oleh SMAN I Karangpandan.

Sementara Sundoro yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar Juliyatmono berpesan kepada generasi muda sebagai pewaris kebudayaan bangsa wajib untuk mengenali, menghayati dan memahami makna perjuangan.

“Intinya kita wajib menghayati, memahami, mengenali para pahlawan dan wajib mewarisi semangat juang nya, diimplementasikan dengan mengisi kemerdekaan dengan semangat perjuangan para pahlawan” ujarnya. Diskominfo (An/In).