Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, 103 Burung Dilepaskan

Diskominfo
Pelepasan burung oleh Bupati Karanganyar sebagai simbol rasa cinta kepada satwa                                  

KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten Karanganyar terus membangun kesadaran dan kecintaan masyarakat pada  flora dan fauna untuk menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) dan peringatan Hari Konservasi Alam Liar Sedunia Tahun 2020 yang  berlangsung di Lapangan Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso, Kamis (5/11/20).

Pada kesempatan itu dilakukan pelepasan 103 ekor burung dan penanaman bibit tanaman buah dan damar secara simbolis oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar, Bambang Djatmiko menyampaikan, pelaksanaan HCPSN ini selain untuk menanamkan rasa cinta sekaligus kampanye kepedulian terhadap alam, satwa dan puspa yang dilindungi.

“Ada 100 bibit tanaman buah dan 25 bibit damar yang ditanam hari ini. Juga 103 burung perkutut dan derkuku dilepas ke alam. Angka 103 menunjukan hari jadi ke-103 Kabupaten Karanganyar,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, selama ini orang datang ke Karanganyar bukan untuk melihat bangunan. Melainkan keindahan alam di lereng Gunung Lawu. Yuli sapaan akrabnya meminta kepada dinas terkait supaya lebih gencar mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan.

“Melalui Peringatan Cinta Puspa dan Satwa, kita peringati dan kita semangati. Mari menanam pohon sebanyak mungkin. Mulai dari OPD, Kades, Kadus, RW, RT menyemangati, supaya lingkungan dijaga. caranya ya mari menanam pohon,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Tuhan telah memberikan nikmat yang luar biasa melalui alam untuk kemakmuran manusia.

“Manusia tugasnya ya memelihara dan menjaga untuk kelangsungan kehidupan,” pungkasnya. Diskominfo (In/An)