Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal

KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono hadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Pengawasan Kearsipan Internal Kabupaten Karangnyar Tahun 2020 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (20/10/20).

Sosialisasi ini diikuti 50 Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di Lingkungan Kabupaten Karanganyar.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar, Sugeng Raharto melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mendorong organisasi dan perangkat daerah Kabupaten Karanganyar untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan dalam upaya penyelamatan arsip yang mempunyai nilai tinggi. Sesuai dengan UU No 43 tahun 2009 tentang kearsipan pasal 9 ayat 3 bahwa pengelolaan arsip dinamis adalah menjadi tanggungjawab pencipta arsip, dalam hal ini adalah menjadi tanggungjawab OPD.

“Tahun 2019 indeks arsip Kabupaten Karanganyar mendapatkan nilai 69 dan di tahun 2021 diharapkan ada peningkatan”, ujar Kepala Dinas Kearsipan.

Sementara Bupati Karanganyar dalam sambutannya mengungkapkan bahwa arsip sangat penting bagi Pemerintahan, semua arsip yang tidak dibuka dikumpulkan dibuku arsip dan ditata dengan rapi.

“Pemerintah harus tertib dan bertanggungjawab agar arsip itu beres, sekali tertib selanjutnya juga lancar”, pungkas Bupati. Diskominfo (In/cc)