Outcame dari TMMD Harus Terukur dan Manfaat Bisa Dirasakan Masyarakat

Ketua TIM Pengawasan dan Evaluasi (Wasef) Mabes TNI, Letjen TNI Mochammad Effendi  SE, MM meninjau lokasi pembangunan TMMD

KARANGANYAR – Ketua TIM Pengawasan dan Evaluasi (Wasef) Mabes TNI, Letjen TNI Mochammad Effendi  SE, MM mengingatkan dalam program TMMD adalah outcame atau dampak. Pembangunan yang dilaksanakan di Desa Jatiwarna, Kecamatan Jatipuro apa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat setempat. Program TMMD menggnakan dana dari APBN dan APBD tentu harus membawa dampak manfaat yang jelas untuk masyarakat.

“Outcame harus benar-benar terukur, misalnya sebelum ada jalan mengangkut hasil pertanian biaya 100 per kg, namun setelah ada jalan menjadi 50 per kg. Kajian manfaat seperti ini harus dapat diukur,” papar Letjen TNI Mochmaad Effendi di sela-sela meninjau lokasi pengecoran jalan.

Dia menambahkan tujuan besarnya kemanunggalan TNI, Polri dan masyarakat.  Sebab untuk membangun negeri ini perlu sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat. Kegiatan ini juga terus menumbuhkan gotong royong meskipun di masa pandemi. Namun demikian, pihaknya tetap mengingatkan untuk selalu jaga jarak.

Sementara Dandim 0727 Karanganyar, Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo SIP mengatakan TMMD hakekatnya operasi bakti yang melibatkan sektoral dan seluruh lapisan masyarakat. Serta untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. TNI tidak bisa dipisahkan dengan rakyat dan begitu sebaliknya. “Pemilihan lokasi memang di setiap desa mengajukan ke Dipermasdes dan bupati. Kemudian dipilih oleh Desa Jatiwarna, Kecamatan Jatipuro karena 60 persen bekerja sebagai petani,” papar Ikhsan.

Sedangkan waktu pelaksanakan karena adanya covid 19 dilaksanakan jauh-jauh hari. Yakni pada bulan Juli sudah ada kegiatan  mengumpulkan material. Kemudian pra TMMD 20 hari, 1-20 Oktober dan pembukaan 21 Oktober. Pembangunan meliputi jalan, jembatan, talud dan RTLH. Di sisi lain juga ada kegiatan non fisik.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan selamat datang kepada tim pengawasan dan evaluasi TMMD Reguler 109 tahun 2020. Atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan terima kasih karena TMMD dirasa sangat bermanfaat. Pihaknya berharap kegiatan semacam ini terus berlangsung terus.  Pemerintah bangga bisa kepada TNI karena bisa mewujudkan  semangat guyub rukun, kompak, dan membawa manfaat luar biasa. “TMMD reguler bisa berprestasi dengan baik dan memberikan manfaat bagi siapapun. Kami menyampaikan apresiasi  karena ini bagian dari pengabdian untuk bangsa dan negara. Memperkokoh rasa cinta kita terhadap air, dan kemanungglan TNI,  Polisi dan rakyat,” imbuhnya. (hr/angga)