Siap Hadapi Bencana, Pemkab , TNI dan Polisi Apel Kesiapsiagaan Bencana

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengecek sejumlah peralatan untuk kesiapsiagaan bencana

KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), TNI dan Polisi apel tanggap bencana di halaman Polres Karanganyar, Rabu (07/10). Gelar apel bersama itu diperuntukkan untuk mensiapsiagaan personel, peralatan dan sarana prasana dalam menghadapi bencana alam. Sehingga ketika bencana terjadi, maka semua personel bahu-membahu mengatasi bencana tersebut.

“Kami saling sinergi antara kepolisian, TNI dan Pemkab Karanganyar dalam siap siaga bencana alam. Dari BMKG juga sudah ada beberapa daerah yang terkena bencana. Dan akhir-akhir ini Karanganyar juga angin kencang sehingga hal ini harus disiapkan secara baik,” papar Kapolres Karanganyar, AKBP Dr Leganek Mawardi.

Dia menambahkan dengan apel bersama-sama ini akan meningkatkan semangat personel, menyiapkan peralatan dan sarana yang lain. Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan siap jika terjadi bencana alam. Pihaknya menyatakan untuk Kabupaten Karanganyar sudah siap.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan  apel ini berfungsi mempercepat penanganan jika terjadi bencana. Orang nomor satu di Karanganyar berharap tidak ada bencana di Karanganyar. Meski demikian, masyarakat di titik-titik rawan bencana sudah sangat siap dan familiar. Sebab mereka sudah terlatih. Misalnya pohon roboh saja ‘dikeroyok bareng-bareng’ cepat selesai. “Ini juga pengecekan alat sudah siap belum. Sehingga ketika terjadi bencana tidak mencari-cari alatnya,” paparnya. (hr/adt)