Rapat Kerja Nasional, Forum Sekretaris Daerah Se Indonesia

KARANGANYAR –Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Drs. SUTARNO, M.Si. mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS ) Forum Sekretaris Daerah Se Indonesia (FORSESDASI) Tahun 2020 Secara virtual melalui Zoom di Ruang SIC Diskominfo, Rabu (30/09).
Rekernas Forsesdasi kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan menambah wawasan sekretaris daerah khususnya agar berpartisipasi aktif mendukung kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembengunan melalui sumber daya menusia ASN yang profesional agar bisa mewujudkan cita – cita Reformasi Birokrasi.
Pemaparan materi pertama disampaikan dari Badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) terkait transparansi penggunaan dana Covid 19 yang Akuntable dan tepat sasaran, karena penggunaan APBN yang di alokasikan untuk penanganan Covid 19 ini sangat besar yakni mencapai 695 triliun rupiah, diharapkan bisa dipastikan kebermanfaatannya bagi masyarakat “kami berharap, bapak ibu sekretaris daerah dapat mendorong percepatan realisasi belanja daerah dengan tetap akuntable dan berorientasi pada hasil” ungkap Dadang Kurnia Ak., M.B.A., selaku deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah
Materi selanjutnya disampaikan dari Kememntrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Demikrasi Republik Indonesia terkait Implementasi Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Daerah sesuai dengan target RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2019-2024, akan dilakukan penyederhanaan birokrasi dengan penyetaraan jabatan dengan kriteria : tugas dan fungsi jabatan berkaitan dengan pelayanan teknis fungsional, Tugas dan fiungsi jabatan dapat dilaksanakan oleh pejabat fungsional, jabatan yang berbasis keahlian/ keterampilan tertentu, dan peroses penyederhanaan Birokrasi ini masih akan berlanjut hingga 31 Desember 2020. Untuk penyederhanaan Birokrasi Daerah di koordinasikan oleh kementrian dalam negeri selaku koordinator pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.
“peran Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh indonesia yaitu dalam percepatan penanganan Covid 19, dan peningkatan kualitas dan pelayanan publik, Serta menyukseskan pilkada serentak 2020” ungkap Sekjen Kemendagri,Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si