SOSIALISASI SISWASKEUDES OLEH INSPEKTORAT KABUPATEN KARANGANYAR

Diskominfo
Juliyatmono saat membuka sosialisasi SISWASKEUDES di Jawa Dwipa, Karangpandan.

KARANGANYAR – Dalam rangka penataan sistem kerja serta menunjang fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan di desa, Inspektorat Kabupaten Karanganyar adakan sosialisasi dan implementasi  SISWASKEUDES (Sistem Pengawasan Keuangan Desa ) Kabupaten Karanganyar Tahun 2020 di Jawa Dwipa Kecamatan Karangpandan, Karanganyar. Selasa (29/09/20).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural, fungsional  serta perwakilan dari Dispermades ini turut menggandeng  narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut diungkapkan oleh Inspektur Kabupaten Karanganyar Utomo Sidi Hidayat dalam laporannya.

“Sistem keuangan yang dijalankan perangkat desa sudah berjalan dengan baik dan hanya tinggal perbaikan saja. Ketika terjadi kekeliruan, BPKP menyerahkan kepada inspektorat untuk dilakukan perbaikan baik itu sistem maupun pelaksanaannya” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Karanganyar Juliyatmono mengucapkan terimakasih kepada BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang telah bersedia menjadi narasumber pada sosialisasi ini, tak lupa dirinya mengingatkan kepada semua yang hadir agar tetap menjaga protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Virus Corona.

Juliyatmono menjelaskan bahwa selain  mengevaluasi visi misi dan program bupati yang belum berjalan dengan baik, Inspektorat juga mempunyai fungsi pencegahan dan pembinaan. Sedangkan fungsi pemerintah adalah memastikan agar semua anggaran bisa tepat , berhasilguna, efektif, efisien dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Setiap kegiatan yang dialokasikan anggarannya, seberapa besar nilai pemanfaatan dari mengalokasikan itu supaya dampaknya sejahtera” pungkasnya. Diskominfo (an&in).