Rakor Pengisian Perangkat Desa Tahun 2020

Diskominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan arahan pada rakor pengisian perangkat desa Tahun 2020.

KARANGANYAR – Rapat Koordinasi (Rakor) pengisian perangkat desa Tahun 2020 yang berlangsung di Ruang Podang I Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar dihadiri oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono serta  Sekretraris Daerah Kabupaten Karanganyar Sutarno. Senin (28/09/20).

Rakor  yang diikuti oleh seluruh camat se Kabupaten Karanganyar (kecuali Camat Karanganyar), Tim Pengawas Pengangkatan Perangkat Desa, Kasi Tapem se Kabupaten Karanganyar (kecuali Kasi Tapem Kecamatan Karanganyar) tersebut membahas terkait pengisian kekosongan jabatan perangkat desa.

Sampai dengan Tanggal 14 Juli 2020 jabatan perangkat desa yang kosong sebanyak 192 jabatan di 112 desa yang tersebar di 16 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar.  Yang terdiri dari 6 Sekdes, 47 Kaur, 44 Kasi dan 95 Kadus. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa Agus Heri Bindarto.

Sementara Bupati Karanganyar, Juliyatmono  mengatakan pengisian perangkat desa di Kabupaten Karanganyar dilaksanakan dengan system territorial per kecamatan. Apabila dalam satu wilayah kecamatan berkaitan dengan penataan dusun telah selesai maka tahapan kegiatan pengisian perangkat desa sudah bisa dilaksanakan sesuai ketentuan tahapan dalam Perbup.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa MOU antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar dan pihak ketiga yaitu UNSA, UNISRI dan UNIVET juga telah ditandatangani bersama para pihak sehingga secara teknis untuk pengisian jabatan perangkat desa telah siap.

“UNSA, UNIVET DAN UNISRI tiga perguruan tinggi yang sudah kerjasama dengan kita, silahkan memilih bekerjasama dengan perguruan tinggi mana, pemerintah kabupaten tidak usah menentukan” terangnya.

Dari 16 Kecamatan yang terdapat kekosongan jabatan perangkat desa, yang saat ini yang sudah bisa memulai tahapan pengisian jabatan perangkat desa adalah Kecamatan Kebakkramat dan Kecamatan Jaten. Sedangkan kecamatan lain belum ada progres akhir penataan dusun dalam bentuk peraturan desa tentang penataan dusun. Diskominfo (an/in/ang)