Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020

Diskominfo
Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Sutarno saat mengikuti Rakernas AP Kementerian Keuangan Tahun 2020.

KARANGANYAR – Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Sutarno didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah Kurniadi Maulato beserta jajaran terkait ikuti Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah (Rakernas AP) Tahun 2020 secara daring di Ruang SIC, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar. Selasa (22/09/20).

Rakernas AP merupakan agenda tahunan Kementerian Keuangan yang diselenggarakan dalam rangka mendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Keuangan Negara secara berkelanjutan.

Ditengah kondisi pandemi COVID-19, pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Negara menghadapi tantangan untuk dapat mensinergikan pengelolaan Keuangan Negara dengan penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Direktur Jendral Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Andin Hadiyanto melaporkan bahwa tujuan Rakernas ini adalah untuk menyamakan persepsi penyatukan komitmen untuk melakukan sinergitas guna meningkatkan stabilitas pengelolaan keuangan negara, serta pemberian apresiasi kepada kementerian negara, lembaga dan pemerintah daerah yang laporan keuangannya memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan apresiasi kepada pihak yang telah melakukan sinergi kuat didalam mewujudkan pertanggungjawaban keuangan negara secara profesional, akuntabel, dan transparan. Sinergi yang selama ini telah terbangun dengan seluruh pemangku kepentingan mulai dari Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah serta dengan Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) harus dan akan terus dijaga dan ditingkatkan.

Dalam acara yang mengusung tema Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan WTP 10 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2010-2019, penghargaan WTP tahun 2019 dan BMN Award.

Pada Rakernas tersebut Pemerintah Kabupaten Karanganyar mendapatkan Penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai salah satu pemerintah daerah yang telah mendapatkan 5 kali WTP secara berturut-turut. Diskominfo (An/In/Vc).