Rakor Pilkada serentak Menkopolhukam : sosialisasikan aturan Pilkada di tengah Pandemi sebagai pencegahan klaster covid-19

Kominfo
Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar mengikuti video conference mengenai penanganan covid-19 jelang Pilkada, Jum’at (18/9) siang di ruang SIC Diskominfo Karanganyar.

KARANGANYAR– Menteri Koodinator Politik Hukum meminta Satgas tiap daerah dan lembaga penyelenggara Pemilu dapat menyosialisasikan aturan-aturan dalam Pemilu ditengah pandemi. Pihaknya berharap Pilkada serentak tidak menjadi klaster baru covid-19.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Koordinator Hukum Politik dan Keamanan, Mahfud MD ketika menggelar rapat secara virtual bersama pemerintah daerah, lembaga  penyelenggaraan pemilu, satgas covid-19 dan instansi terkait lainnya.
Menurutnya tiap daerah harus mampu memetakan kerawanan dalam pelaksanaan Pilkada serentak. Sehingga nantinya dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran selama pelaksanaan Pemilu serentak nanti.

“Para pemangku wilayah harus paham daerah rawan di tempatnya masing-masing. Sehingga potensi gesekan dapat dihindari dalam Pilkada serentak di tengah pandemi ini,”ujarnya.

Ditambahkannya para penyelenggara Pemilu juga harus intens melakukan sosialisasi aturan Pemilu ditengah pandemi ini. Jangan sampai nanti ada kegiatan kampanye melibatkan banyak massa. Selain itu juga penyelenggara pemilu berkoordinasi dengan Satgas covid-19 daerah mengenai ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi para kontestan Pilkada.

“Sosialisasikan dan koordinasikan dengan instansi terkait. Sehingga Pilkada serentak tidak menjadi klaster baru covid,”katanya.

Sementara Ketua Bawaslu RI, Abhan menyatakan pihaknya bersama KPU akan terus melakukan sosialisasi terhadap para kontestan Pilkada. Pihaknya pun akan menjalankan tugas sebagai fungsi pengawasan baik dalam pelaksanaan pemilu maupun tahapan masa kampanye.

“Kita akan mengawasi semua pelaksanaan tahapan Pemilu hingga pelaksanaan Pilkada mendatang. Hal ini untuk memastikan pelaksanaan sesuai dengan protokol kesehatan,”tuturnya.

Ketua Bawaslu RI pun telah meminta Bawaslu di daerah agar segera melakukan koordinasi dengan Satpol PP terkait pencegahan dan penindakan pelanggaran covid terutama bagi para paslon. Sehingga nantinya jika terjadi pelanggaran bisa mengadukan sesuai prosedur.

“Beberapa Bawaslu daerah telah berkoordinasi dengan Satgas covid-19. Semoga nantinya Pilkada dapat berjalalan lancar dan damai, tanpa menimbulkan klaster baru,”pungkasnya.
Diskominfo (dn/ind)