“Gelar Punokawan” Gelar Budaya Grebeg Lawu 2020

 

Drs. Tarsa Kepala Disdikbud Kabupaten Karanganyar yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar saat memberikan sambutan dalam acara Gelar Panakawan, Gelar Budaya Grebeg Lawu 2020 secara virtual di studio Kendedes, Desa Suruhkalang Kec. Jaten, Minggu(13/09/20)

KARANGANYAR – Drs. Tarsa Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar hadiri acara pembukaan pagelaran budaya “Gelar Panakawan” dalam rangka rangkaian acara Grebeg Lawu memperingati HUT ke 103 Kabupaten Karanganyar secara virtual yang digelar oleh Seniman Karanganyar (SEKAR) di Studio Kendedes Desa Suruhkalang Kec. Jaten, Minggu (13/09/20).

Joko Dwi selaku ketua SEKAR mengaku rangkaian kegiatan Gelar Panakawan Grebeg Lawu ini tetap diselenggarakan walau ditengah pandemi. Seniman sangat menginginkan tetap berkarya ditengah pandemi.

” Teman-teman seniman di Karanganyar ini pinginya kegiatan gelar budaya ini dilombakan agar lebih greget acaranya “, jelas Joko ketua SEKAR.

Semua penampil dalam Gelar Panakawan ini dilombakan, akan dinilai juga. Nantinya akan ada penilaian tokoh Semar terbaik, tokoh bagong terbaik, gareng terbaik, dan juga petruk terbaik dari peserta 17 kecamatan.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Tarsa dalam pidato sambutannya sampaikan bahwa sebenarnya aganda rutin acara grebeg Lawu ini biasanya di helat di Tawangmangu, namun karena kali ini sedang masa pandemi maka digelar secara virtual.

Tarsa mengaku bahwa keinginan Pemerintah sebenarnya tahun ini agenda grebeg Lawu ini akan menghadirkan seniman-seniman nasional agar lebih semarak, bahkan inginya juga yang internasional, namun karena adanya pandemi ini, agenda harus digelar secara virtual, dan harus taat protokol kesehatan.

” Pemerintah menginginkan agenda grebeg Lawu ini digelar sekreatif mungkin, ambil tema yg menarik dan unik agar masyarakat semakin tertarik lagi dengan seni budaya ‘, jelas Tarsa.

Dengan dilombakannya peampjlan dalam rangkaian Gelar Panakawan ini, nanti pasti akan kelihatan mana bibit-bibit seniman yang baik dari Karanganyar, siapa tau bisa membawa nama harum seniman karanganyar di kancah Nasional maupun Internasional. Demikian DISKOMINFO (Ard/Tgr)