SILATURAHMI DENGAN FKUB KAB. KARANGANYAR, BUPATI: CIPTAKAN HARMONISASI UNTUK MENDAMAIKAN PERSELISIHAN

Bupati Karanganyar H. Juliyatmono saat memberi sambutan dalam acara Silaturohmi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat (FKUB) di Pendopo Rumah Dinas Bupati (03/09)

KARANGANYAR– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karanganyar bersama Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Kodim 0727 Karanganyar menyelenggarakan silaturahmi  tokoh agama, tokoh masyarakat dan berbagai elemen masyarakat yang ada di wilayah Karanganyar. Diharapkan kegiatan ini dapat memperkuat kerukunan, toleransi serta menciptakan keharmonisan antar umat beragama, Kamis (3/9).

Bupati Karanganyar Juliyatmono  yang hadir sekaligus membuka acara, dalam arahannya menekankan pentingnya  mengimplementasikan nilai nilai Pancasila dalam  menciptakan harmonisasi untuk mendamaikan perselisihan.

Ia mengatakan kandungan nilai-nilai Pancasila dalam bahasa sansekerta adalah komitmen harmoni. Yakni meliputi wajib hukumnya untuk memilih agama yang diyakini, harus mengandung nilai nilai kemanusiaan atau empati, bermusyawarah, menghormati pilihan masing masing yang akan melahirkan kompetisi yang sehat, dan yang terakhir ciptakan harmonisasi untuk mendamaikan perselisihan.

“Sebagai warga Negara Indonesia wajib hukumnya memilih agama yang diyakininya. Diluar itu, warga Negara yang belum mengenal agama, kita sebagai Pemerintah adalah tugas kita untuk menyampaikannya. Karena ini adalah untuk kebaikan dirinya sebagai pribadi yang ber ke Tuhanan Yang Maha Esa dan juga manusia sebagai makhluk sosial,”jelasnya.

Sementara itu laporan Ketua FKUB Karanganyar, Ahmad Hudaya menyampaikan berdasarkan laporan dari Masyarakat Anti Fitnsh Hoax Indonesia (MAFINDOP) hal yang paling punya potensi untuk faktor pemecah belah bangsa adalah hoax, itu menjadi salah satu faktor penting kenapa kemudian silaturohim antar tokoh agama dan tokoh masyarakat ini dilaksanakan.

Diskominfo (dn/ind/dea)