BPBD Kabupaten Karanganyar Memberikan Pengarahan Kepada Rendan (Relawan Karangpandan)

 

Diklatsar (Diklat Dasar SAR) Tahun 2020 Angkatan ke-2

KARANGANYAR – Rendan Indonesia (Relawan Karangpandan), melakukan Diklatsar (Diklat Dasar SAR) Tahun 2020 Angkatan ke-2  bekerjasama dengan Basarnas, BPBD Kabupaten Karanganyar, TNI, Polri, Forkopimca Kecamatan Karangpandan. Lapangan Desa Doplang (27/08/20)

Pemateri  dari Basarnas memberikan pengarahan bagaimana cara Mengevakuasi korban kecelakaan pesawat, Oprasi  SAR, Strategi  Operasi , Kebijakan Operasi , Operasi SAR dibuka / di aktifkan, Oprasi SAR ditutup / dihentikan dan mengakhiri tugas dengan membuat laporan.

Kepala Pelaksanaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sundoro Budhi Karyanto S.Sos. menyampaikan materi bagaimana penyelenggaraan penanggulangan bencana dengan dasar Hukum UUD 1945, UU No. 27 Tahun 2007. Fungsi BPBD sebagai jalur komando (mengkomandoi tanggap darurat bencana), koordinasi  dan pelaksanaan kegiatan. Menjelaskan komando tanggap darurat bencana adalah organisasi penanganan tanggap darurat bencana yang dipimpin oleh seorang komandan tanggap darurat bencana dan di bantu oleh staf komando dan staf umum, memiliki struktur organisasi standar yang menganut satu komando dengan mata rantai dan garis komando yang jelas dan memiliki satu kesatuan koamndo dalam mengkoordinasikan Instansi / Lembaga atau Organisasi terkait untuk pengarahan sumber daya.

PERKA BNPB No. 17 Tahun 2011 tentang Pedoman relawan Penanggulangan Bencana, Relawan Penanggulangan Bencana yang selanjutnya akan di sebut relawan adalah seseorang atau sekelompok orang, yang memiliki kemampuan dan kepedulian dalam penanggulangan bencana yang bekerja secara ikhlas untuk kegiatan penaggulangan bencana. BPBD memiliki prinsip kerja relawan penanggulangan bencana yaitu mandiri, profesional, solideritas, sinergi, dan akuntabilitas. Diskominfo (tgr/sla/ags)