Kitchen Painting, Kreativitas Melukis Dengan Alat Dapur

Prof Dr Andrik Purwasito sedang melukis dengan menggunakan alat-alat dapur

 

KARANGANYAR – Wabah Covid 19 yang melanda dunia saat ini, tidak mematikan kreativitas. Justru di tengah virus corona yang melanda dunia, ide dan kreativitas muncul di tangan Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA. Kreativitas itu adalah melukis dengan menggunakan alat-alat dapur atau Kitchen Painting. Hal itu dipraktekkan guru besar UNS, tadi malam (13/08) di Wong Kampoeng Contemporary.

“Kitchen Painting lahir dari covid 19 yang mengharuskan kita di rumah dan tidak bisa kemana-mana. Meskipun bisa dengan online, namun dengan melihat alat-alat dapur lahirkan ide untuk melukis dengan alat-alat tersebut,” ungkap Andrik Purwasito yang ditemui pada pembukaan Studio dan Galery Wong Kampoeng Comtemporary.

Demo Kitchen Painting melahirkan lukisan yang diberi judul Eye Insede. Banyak mata yang melihat namun memperlihatkan wajahnya secara utuh. Lebih jauh, alumnus Ecole Des Hautes Etudes en Science Sociales, Paris Perancis tersebut mengatakan filosofi dari gambar tersebut kita hendaknya harus berhati-hati ditengah pandemi global seperti saat ini. “Mungkin ini ciptaan segelintir orang, mungkin cobaan Tuhan atau siklus pandemi atau pagebluk. Jangan sampai pandemi seperti sekarang ini melemahkan kita untuk berkreativitas,” imbuh.

Disinggung mengenai pembukaan Studio dan Galery seni Wong Kampoeng Comtemporary, menurut Andrik adalah tempat untuk seni budaya, seni pertunjukkan, seni rupa, seni sastra dan juga seni tari. Selain untuk praktek kesenian, Galery Wong Kampoeng ini juga untuk melakukan praktek kesenian seperti pengkajian, penciptaan, dan diskusi-diskusi mengenai kesenian. Sekaligus sharing pengalaman, penciptaan dan bagaimana membangun jaringan kesenian internasional. “Saat ini kesenian kita harus mendunia. Titik-titik lemah yang saat ini seperti, kemampuan bahasa, kepercayaan diri harus mulai dikikis. Sehingga karya kesenian kita bisa mendunia,” imbuhnya. (hr/adt)