Embung Setumpeng Siap Ramaikan Wisata DI Kabupaten Karanganyar

 

Bupati Juliyatmono saat mendangi Pimpinan Cabang BRI Karanganyar saat penyerahan bantuan CSR sebanyak 113 juta, Kamis(13/08)

KARANGANYAR – Bupati Karanganyar H. Juliyatmono hadir sekaligus meresmikan wisata desa Embung Setumpeng di Dusun Ngampel Rt.07 Rw.15 Desa Gentungan Kecamatan Mojogedang, Kamis(13/08/20).

Hadir pula anggota DPRI RI dari komisi IV fraksi partai kebangkitan bangsa Luluk Nur Hamidah, M.Si, M.Pa, juga Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Holtikultura Ibu Yuli Sri Wilanti, S.Pi, M.P.

Bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia(BRI) juga yayasan Pupuk Kaltim, warga Desa Ngampel Gentungan yang tergabung dalam Kelompok Sadar wisata (POKDARWIS) dan juga GAPOKTAN Tani Mulyo I sepakat membangun argo wisata yang diberi nama Wisata Embung Setumpeng.

CSR yang di berikan BRI pun tidak tanggung-tanggung, bantuan senilai 113juta diserahkan kepada Kepala Desa Gentungan untuk dibangun gasebo dan kamar mandi sebagai fasilitas di dalam area wisata Embung Setumpeng. Selain itu BRI juga memberikan syarat KUR bagi warga yang ingin membuka usaha di dalam wahana wisata.

Sementara itu, yayasan Pupuk Kaltim yang sudah sejak lama membina GAPOKTAN di Desa Gentungan mengaku sangat antusisas lantaran petani beras organik di Desa Gentungan sudah semakin sukses dan berhasil. “ Program ini sangat mendorong perekonomian yang berbasis desa, ketahanan pangan serta kemandirian pangan melonjak naik 16,3 persen. Bahkan petani merupakan penolong negeri Indonesia ini sudah sejak jaman dahulu “, ungkap Hasyim Kepala Desa  Gentungan.

Dengan dibangunnya Wisata Desa Embung Setumpeng ini bertujuan untuk mendorong perekonomian yang berbasis desa untuk warga Desa Gentungan dengan meningkatkan Inovasi agar masyarakat tidak bosan berkunjung di Wisata Desa Embung Setumpeng.

“ Besar harapan kami Embung Setumpeng ini bias ikut andil meramaikan wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar “, jelas Camat Mojogedang Eko Joko Isanto.

Sedangkan menurut Yuli Sri Wilati Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Holtikultura, menggagas pertanian untuk menjadi lebih produktif agar bisa menghasilkan pertanian yang memuaskan memang perlu ditangani secara konsiten dan benar.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengaku sangat mengapresiasi program binaan warga Desa Gentungan ini, warga sudah sangat pandai dalam menggerakkan bagaimana senang bertani sambil berwisata. Bangga akan produk milik pribadi, bisa menggerakkan belanja ke tetangga sendiri agar perekoniomian bisa tumbuh dengan baik.

“ Saya bantu sebesar 200 juta untuk membangun Wisata Desa di Embung Setumpeng ini agar bisa jauh lebih tertata dan lebih bagus lagi “, jelas orang nomor satu di bumi Intanpari ini.

Peresmian ditandai dengan Pemotongan Tumpeng dan dibuka dengan Tari Sarung yang dipersembahkan oleh SDN 02 Mojogedang. Peresmian disertai dengan Sosialisasi kepada Klaster Pedagang dan Kelompok Tani Mulyo I di Kecamatan Mojogedang dan juga penebaran benih ikan di lokasi Embung. DISKOMINFO(Ard/Tgr/Rr/Ags)