BUMDes JATEN BERMARTABAT PASARKAN BERAS ORGANIK VARIETAS INPAGO UNSOED I

Hasil panen beras organik BUMDes Jaten Bermartabat Desa Jaten dalam bentuk kemasan 5 Kg.

KARANGANYAR-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jaten Bermartabat untuk pertama kalinya memanen beras organik dengan varietas Inpago Unsoed I di Dusun Sawahan Desa Jaten Kecamatan Jaten pada Senin (3/08/20).

Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPR RI Drs. Hamid Noor Yasin, M.M, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah Dr. Ir. Joko Pramono, MP, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Ir. Siti Maisyaroch, M.Si serta Camat Jaten Dwi Saptohaji, S.P.,M.M.

Pada usaha pertanian organik ini BUMDes Jaten Bermartabat benar-benar melakukan proses pengolahan lahan menggunakan bahan-bahan organik tanpa pestisida. Kedepan, budidaya pertanian organik ini akan terus dikembangkan dan lahan persawahan yang digarap akan diperluas, sesuai aset sawah yang dimiliki Pemerintah Desa Jaten.

Direktur BUMDes Jaten Bermartabat Imam Subhkan menjelaskan bahwa Budidaya beras organik selain memiliki keuntungan secara ekonomi juga menghasilkan beras yang sehat.

Disamping pertanian organik, BUMDes Jaten Bermartabat mengelola program lain yakni program pengelolaan sampah dan program ketahanan masyarakat desa dari Provinsi Jawa Tengah, kedepan akan didirikan BUMDes Shop yang merupakan sentra perdagangan di Desa Jaten.

Siti Maisyaroch yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono M.M. menyampaikan bahwa untuk menuju beras organik harus melalui beberapa tahapan dan memakan waktu kurang lebih tiga tahun, untuk itu Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar serta BPTP Provinsi Jateng siap mengawal untuk mewujudkannya.

Ditambahkan bahwa Bupati mengharapkan agar Karanganyar tetap menjadi lumbung padi, untuk itu pihaknya menganggarkan kegiatan listrik masuk sawah tahun ini,“ Walaupun musim kemarau kita tetap bisa menanam, karena air tersedia melalui sumur dan listrik yang tersedia yang dibantu oleh bapak bupati”ungkapnya.

Hamid Noor Yasin sangat mensupport program yang dilaksanakan oleh BUMDes Jaten Bermartabat ini, pihaknya mengungkapkan bahwa keunggulan pertanian organik sangat luar biasa dan bisa dirasakan manfaatnya baik itu nutrisi maupun kandungan protein didalamnya, selain itu juga mampu mengembalikan kesuburan tanah secara alamiah sehingga termasuk salah satu upaya pelestarian alam.

“Dengan dipelopori BUMDes Jaten Bermartabat energi ini bisa menular ke kelompok-kelompok tani yang lain sehingga tanah menjadi lebih subur panen kita bisa lebih maksimal dan bagus”,pungkasnya. Diskominfo (An&In).