Paskibraka Tahun 2020 Sangat Istimewa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono bertanya kepada salah satu anggota Paskibraka bernama Nelci Tobanum dari Papua
Nelci Tobanum, Siswa SMA 1 Colomadu yang berasal dari Papua

KARANGANYAR – Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kabupaten Karanganyar tahun 2020 terasa istimewa. Sebab mengibarkan bendera sang saka merah putih ditengah situasi pandemi covid 19. Apapun keadaannya, bendera Merah Putih harus terus berkibar di negara ini. Selain itu, ada anggota Paskibraka tahun 2020 Karanganyar berasal dari Papua, Nelci tobanum dari SMA 1 Colomadu.

“Kita harus terus bersemangat mengibarkan bendera Merah Putih dengan gagah berani. Momentum untuk cinta tanah air dan melawan apapun yang mengacam keutuhaan bangsa. Termasuk melawan virus covid 19 yang mengacam bangsa ini,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono didepan Paskibraka Tahun 2020 di halaman Kantor Setda Karanganyar, (28/07).

Orang nomor satu di Karanganyar tersebut memberikan semangat kepada anggota Paskibraka bahwa pengibaran bendera di tengah Covid 19 ini akan menjadi sejarah bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Bupati meminta berikan yang terbaik. Buatlah semua peserta dan masyarakat Karanganyar tumbuh cinta tanah air dan tumbuh untuk membela bangsa. Membela bangsa terhadap ancaman apapun yang menghadang. “Rasa patriotisme, cinta tanah dan nasionalisme harus ditumbuhkan.  Momentum ini diharapkan dapat membangkitkan rasa percaya untuk terus bergerak maju, optimis dan yakin,” tandasnya.

Atas nama pemerintah, Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam seleksi Paskibraka. “Selamat menjalankan tugas dengan mengharapkan ridho Allah, Saya kukuhkan anggota Paskibraka tahun 2020,” pungkasnya.

Sementara Seleksi Paskibraka tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Seleksi tahun ini, menurut Kabid Pemuda dan Olahraga, Ardiyanto mengatakan seleksi menggunakan sistem online. Terseleksi 211 peserta dengan putra 106 putra dan 105 putri. Kemudian diseleksi terpilih 76 Siswa dengan 40 putra dan 36 putri. Mereka akan mengikuti proses latihan selama 21 hari dengan bimbingan dari Kodim 0727 Karanganyar. “Selain itu, ada dua anggota Paskibraka asal Karanganyar yang masuk ke anggota Paskibraka Provinsi Jawa Tengah, yakni Setiawan Adi Nugroho dan Afifah Magfiratus Zahra dari SMA 1 Karanganyar,” ungkap Adrianto. (hr/adt)