RJI GELAR PELATIHAN JURNALISTIK DI ERA MEDIA SOSIAL “GRATIS”

Sambutan Kepala Diskominfo Mewakili Bupati Karanganyar

KARANGANYAR- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menyambut baik  inisiatif Rumah Jurnalistik Indonesia (RJI) dalam menggelar pelatihan jurnalistik secara gratis bagi masyarakat Karanganyar pada Senin (27/07/20).

Hal itu dibuktikan dengan kehadiran Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Sujarno, M.Si yang dalam hal ini hadir mewakili Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, M.M. untuk memberikan sambutan , arahan, dukungan dan motivasi.

Anwar Mustafa selaku Founder RJI berharap pelatihan jurnalistik ini bisa menjadi media bagi masyarakat Karanganyar  yang hendak belajar jurnalistik karena menurutnya  belajar  jurnalistik itu tidak harus menjadi  wartawan.

Ditambahkan bahwa dalam menulis terdapat  tanggung jawab yang besar , bagaimana cara menulis yang  baik, memberi judul yang baik, apa yang harus di share atau di upload sehingga kita terhindar dari UU ITE (Informasi  dan Transaksi Elektronik) No 11 Tahun 2008 yang bisa menjerat karena ketidaktahuan.

”Saya berharap pelatihan ini bisa membawa kebaikan dan semua bisa bertanggung jawab bermedia sosial”, ungkapnya.

Ada dua  materi  yang  dikupas pada kesempatan tersebut yakni pelatihan tehnik reportase, wawancara dan penulisan laporan oleh wartawan senior Suara Merdeka  Irfan Salafudin dan Tehnik Fotografi Jurnalistik oleh Burhan Aris Nugraha Redaktur Foto Solo Pos.

Kedua narasumber membagikan ilmunya dengan bahasa yang sederhana namun kekinian, dalam pelatihan fotografi diberikan trik dan tips mengabadikan sebuah gambar baik menggunakan kamera DSLR atau Handphone berkamera.

Dalam sambutannya Sujarno menyampaikan bahwa pemerintah berterimakasih dan mengapresiasi  warga masyarakat yang ingin bersama-sama dengan pemerintah untuk membangun, mengembangkan  dan memajukan Kabupaten Karanganyar salah satunya dengan mengikuti pelatihan yang digagas oleh RJI.

“Karena untuk bisa majunya Kabupaten Karanganyar segenap komponen yang ada harus bergerak saling bersinergi menguatkan, saling memantapkan sehingga tagline Karanganyar Tahun 2020 yakni Karanganyar maju dan tangguh bisa terwujud”, imbuhnya.

Tak lupa dia mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan jaga jarak , cuci tangan dan pakai masker. Diskominfo (An,In,Wf).