DMI dan MUI Gelar Latihan Penyembelihan Hewan Qurban Sesuai Syariat

KARANGANYAR – Mengemban Jabatan Baru Sebagai Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Karanganyar, Drs. Sunarno. Msi hadiri Halaqoh Penyembelihan Hewan Qurban yang diselenggarakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karanganyar di komplek Islamic Center Desa Lalung Karanganyar, Kamis(23/07/20).

Hadir pula Kepala Dinas Peternakan dan Pertanian Siti Maesaroch. Dan Perwakilan DMI PROV. Jawa Tengah juga Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar.

Halaqoh penyembelihan hewan qurban diselenggarakan oleh MUI dan DMI Dewan masjid Indonesia bermaterikan teori penyembelihan hewan qurban yang benar sesuai syariat Islam.

” Kalau tahun-tahun sebelumnya kan diakhir acara ada prakteknya menyembelih hewantahun ini karena pandemi kita hanya teori saja “, jelas Ketua MUI Karanganyar.

Drs. Sunarno, Msi yang kali ini hadir mewakili Bupati Karanganyar sampaikan bahwa dikarenakan lonjakan pasien covid di Karanganyar sedang melonjak, maka melalui Surat Edaran (SE Bupati) menghimbau sholat idul adha tahun ini Pemerintah Kabupaten Karanganyar tidak menggelar sholat di Alun-alun seperti yang sudah direncanakan, namun diserahkan ke masing-masing daerah untuk penyelenggaraannya.

Surat Edaran Bupati ini juga menjelaskan mengenai protap saat pemotongan hewan qurban dan saat pendistribusiannya yang harus sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku agar tidak muncul klaster baru nantinya, jelas Sunarno.

Harapannya, dengan pelatihan penyembelihan yang sesuai syariat Islam ini nantinya setiap pengurus masjid di Kabupaten Karanganyar paham benar penerapannya. DISKOMINFO (Ard/Tgr)