PEMBINAAN PENYULUH AGAMA DALAM MASA PANDEMI

Para Penyuluh Agama Mengikuti Pembinaan Bupati Karanganyar

KARANGANYAR-Pembinaan penyuluh agama di lingkungan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar digelar di Gedung IPHI Karanganyar pada hari Kamis tanggal 16 Juli 2020.

166 orang penyuluh agama se-Kabupaten Karanganyar dikumpulkan untuk menerima pembinaan dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, Wiharso. Bupati menyampaikan harapan agar penyuluh agama dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Terutama pada masa pandemi, penyuluh agama diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

“Jangan cepat panik ataupun takut karena panik itu separo dari sakit dan tenang itu separo dari obat. Maka imunitas kita itu adalah keimanan kita. Siapapun yang lemah imannya pasti panik dan kawatir. Hal itu menyebabkan kita gampang sakit”, pesannya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, Wiharso, menuturkan status penyuluh agama itu non-PNS. Dia sepakat bahwa peran penyuluh agama strategis di masa pandemi. “Di musim pandemi ini strategis sekali. Apa yang disampaikan Bupati tadi terkait penyampaian bagaimana menyikapi pandemi. Masyarakat tidak panik tapi hati-hati, jaga kesehatan sebaik-baiknya,” tutur dia.

“Yang diinformasi tidak hanya hal agama tapi juga program pemerintah. Penyuluh juga mendampingi masyarakat secara spiritual maupun material. Apabila ada yang membutuhkan masukan tentang persoalan rumah tangga, mereka bisa mendampingi. Penyuluh agama bukan hanya mengajak tapi memberikan solusi kepada masyarakat”, tutur Wiharso. Diskominfo (Dn & fia)